Selasa 31 May 2016 16:16 WIB

Ini Akibat Isi Daya Ponsel dari Laptop

Mengisi daya baterai ponsel di laptop berakibat buruk. Ilustrasi
Foto: Digital Trends
Mengisi daya baterai ponsel di laptop berakibat buruk. Ilustrasi

REPUBLIKA.CO.ID, JAKARTA -- Kehabisan daya ponsel saat menghadapi situasi yang genting membuat kita tidak berfikir panjang. Terlebih ketika membawa perangkat notebook atau laptop.

Melihat daya ponsel berkurang, dengan mudahnya Anda menghubungkan sambungan kabel ke laptop tanpa berfikir bahaya yang ditimbulkan.

Dilansir laman Digital Trends Selasa (31/5) peneliti dari Kaspersky Lab menunjukkan jika ponsel dan laptop terhubung untuk mengisi daya, akan terjadi proses handsake.

Proses tersebut adalah perkenalan antara PC dan ponsel ketika saling terhubung. Handsake memungkinkan nama perangkat, produsen perangkat, jenis perangkat, nomor seri, informasi firmware, informasi sistem operasi, sistem file/daftar file, elektronik chip ID terdeteksi oleh laptop.

Hal buruknya adalah data Anda akan dengan mudah dihack oleh peretas. Untuk menghindari hal itu, pengguna ponsel disarankan untuk melindunginya dengan kata sandi atau pemindai sidik jari ketika ponsel disambungkan ke perangkat PC.

Selain itu, ada baiknya Anda hanya menghubungkan perangkat pada stasiun pengisian terpercaya dan bekali ponsel dengan anti virus agar data tetap terjaga dengan baik.

Advertisement
Berita Lainnya
Advertisement
Terpopuler
1
Advertisement
Advertisement