Jumat 27 May 2016 06:02 WIB

Anda Pengguna Aktif Ponsel? Mulai Lakukan Pencegahan Ini

Rep: MGROL69/ Red: Andi Nur Aminah
Kecanduan telepon genggam bisa merusak kemampuan otak.
Foto: Wihdan Hidayat/Republika
Kecanduan telepon genggam bisa merusak kemampuan otak.

REPUBLIKA.CO.ID, Saat ini, ponsel menjadi salah satu bagian penting untuk manusia. Semua informasi dapat disampaikan dan didapatkan dengan mudah melalui ponsel. Tidak sedikit orang yang tidak bisa hidup tanpa telepon genggam dengan menggunakannya sepanjang hari. 

Secara tidak sadar, telepon genggam menjadi salah satu media yang dapat membunuh kita secara perlahan. Dikutip dari laman Boldsky Rabu (25/5), beberapa penelitian mengklaim bahwa radiasi secara bertahap dapat membahayakan kesehatan manusia. Dalam jangka panjang, sel radiasi dapat mempengaruhi DNA. 

Pada kenyataannya, paparan radiasi dari ponsel selama kehamilan dapat menimbulkan berbagai efek yang membahayakan kesehatan ibu dan janin. Juga risiko jenis kanker tertentu dapat meningkat dari adanya paparan radiasi tersebut. 

Beberapa masalah kesehatan lainnya yang dapat dihubungkan dengan radiasi adalah kanker mata, kanker tiroid, melanoma, leukemia, kanker payudara dan beberapa jenis kanker lainnya. 

Berikut ini beberapa pencegahan yang dapat dilakukan ketika menggunakan ponsel yaitu:

1. Selama yakin bahwa Anda tidak akan mendapatkan panggilan, cobalah untuk mengaktifkan mode pesawat pada ponsel sehingga paparan radiasi akan berkurang. 

2. Penggunaan earphone. jauh lebih baik daripada memegang telepon dekat telinga. Juga hindari bagian bluetooth karena dapat memancarkan radiasi.

3. Ketika berada di daerah yang sinyalnya lemah, hindari melakukan panggilan di tempat tersebut.

4. Hindari percakapan yang lama dan menimbulkan rasa panas di telinga. Lebih baik lakukan percakapan secara langsung jika ingin melakukan percakapan yang panjang.

5. Lebih baik untuk membawa ponsel dengan tangan daripada meletakannya di saku.

6. Lebih baik menggunakan SMS atau chatting daripada melalui panggilan telepon.

7. Menggunakan ponsel hanya untuk menerima pesan dan panggilan tertentu saja. Hal ini juga dapat mengurangi kecanduan untuk menggunakan ponsel sepanjang waktu.

8. Sebelum tidur, jangan menempatkan ponsel di kepala kita. Letakkan sejauh mungkin. 

 

Advertisement
Berita Lainnya
Advertisement
Terpopuler
1
Advertisement
Advertisement