REPUBLIKA.CO.ID,YOGYAKARTA -- Menandai bergulirnya rangkaian acara kompetisi The NextDev 2016, Telkomsel menggelar acara roadshow pertama di Kampus Universitas Gadjah Mada, Jumat (20/5). Telkomsel juga akan menyambangi sejumlah kampus untuk keperluan serupa.
Menurut Vice President Corporate Communications Telkomsel, Adita Irawati melalui kegiatan ini, pihaknya bertatap muka dengan para generasi muda Indonesia dan mengajak mereka semua untuk turut berkontribusi secara aktif memanfaatkan teknologi untuk melahirkan solusi yang memberikan dampak sosial yang positif.
''Dengan tingginya partisipasi dari mereka, akan terjaring lebih banyak lagi ide-ide kreatif dan solutif yang dapat mempercepat penerapan Smart City di berbagai daerah di Indonesia, ” kata Adita.
Setelah Yogyakarta, roadshow akan dilaksanakan di 19 kota lainnya yaitu Semarang, Surabaya, Malang, Banyuwangi, Denpasar, Bandung, Bogor, Jakarta, Banda Aceh, Medan, Pekanbaru, Palembang, Manado, Ambon, Gorontalo, Makassar, Banjarmasin, Balikpapan dan Pontianak.
Acara ini terbuka untuk umum tanpa biaya dan akan diisi berbagai agenda menarik seperti ‘Startup Talk’ dimana peserta akan mendapatkan pengetahuan berharga mengenai pengembangan startupdari pembicara ternama dari industri kreatif digital Indonesia. Selain itu, ada juga ‘Sharing Session’ bersama finalis The Next Dev 2015, serta ‘Rocket Pitching’ dimana para peserta berkesempatan untuk mempresentasikan produk startup nya selama 3 menit. Tidak hanya itu, peserta juga bisa mendapatkan e-certificate atas partisipasinya di acara roadshow The NextDev 2016.
Selepas roadshow, akan diadakan proses seleksi regional dan focus group discussion, hingga pada akhirnya didapatkan 20 tim finalis untuk tingkat nasional. Para finalis akan memperoleh pelatihan dan pendampingan secara intensif dari beberapa pakar pada saat bootcamp untuk mengembangkan technical maupun soft skills, mulai dari teknik melakukan coding, marketing skills, hingga communications skills.
Dalam kompetisi The NextDev 2016, terdapat sembilan sub tema yang memiliki fokus tersendiri sebagai dasar pengembangan solusi. Kesembilan sub tema yang bisa dipilih oleh peserta adalah agrikultur, kemaritiman, usaha kecil dan menengah (UKM), pemerintahan, energi, pariwisata, kesehatan, pendidikan, dan transportasi.
Selain menciptakan karya yang akan bermanfaat bagi orang banyak, tiga tim terbaik juga akan mendapatkan berbagai hadiah menarik yang disebut dengan 6M, yakni Market Access (akses pasar), Marketing (publisitas), Mentoring (pelatihan dan pendampingan), Management Trip (study visit ke pelaku industri telekomunikasi di luar negeri), Money (uang tunai), dan Monetizing (peluang besar untuk memperoleh pendapatan melalui kolaborasi dengan stakeholder terkait).