Kamis 19 May 2016 16:16 WIB

Google: Semua Ingin Jadi Orang Baik Saat Ramadhan

Rep: C25/ Red: Winda Destiana Putri
Bulan Ramadhan/ilustrasi
Foto: wordpress.com
Bulan Ramadhan/ilustrasi

REPUBLIKA.CO.ID, JAKARTA -- Google Indonesia telah mengeluarkan hasil riset pencarian selama Ramadhan. Riset menemukan pencarian hal-hal baik meningkat drastis selama Ramadhan.

Country Industry Head Google Indonesia, Hengki Prihatna, mengatakan riset dilakukan untuk menelaah peningkatan aktivitas dan penggunaan Google, oleh orang Indonesia selama Ramadhan 2015.

Secara garis besar, Google Indonesia menemukan hal-hal baik menjadi pencarian favorit orang-orang di Indonesia, yang terbagi dalam beberapa aspek.

"Tampaknya, semua orang ingin menjadi orang baik selama Ramadhan," kata Hengky, di Google Indonesia Office, Kamis (19/5).

 

Ia menuturkan aspek pertama adalah peningkatan penggunaan telfon seluler, seperti peningkatan penelusuran berbau Ramadhan yang meningkat sebanyak 81 persen.

Selain itu, pencarian video menggunakan YouTube selama Ramadhan tahun 2015, mengalami peningkatan setidaknya selama 13 persen.

Kedua, Ramadhan banyak dimanfaatkan orang-orang untuk perbaikan diri, dengan penelusuran terkait memperbaiki diri yang melonjak selama Ramadhan.

Hengky menjelaskan penelusuran penampilan, kesehatan, resep, perawatan kulit dan busana Muslim, semuanya meningkat selama bulan suci Ramadhan.

Ketiga, lanjut Hengky, Ramadhan banyak dipergunakan pengguna Google untuk berbelanja, yang terlihat dari peningkatan penelusuran pada lima kategori.

Pakaian meningkat 29 persen, travel 30 persen, ponsel cerdas 17 persen, telekomunikasi 19 persen dan barang elektronik yang meningkat 24 persen.

Terakhir, ia menerangkan Ramadhan banyak dimanfaatkan untuk membangun merek, yang banyak terlihat lewat iklan-iklan video bertema Ramadhan. Hengky mengatakan setidaknya terdapat tiga merek yang masuk daftar 10 iklan teratas selama 2015, seperti LINE, Royco dan Traveloka.

Seberapa tertarik Kamu untuk membeli mobil listrik?

Advertisement
Berita Lainnya
Advertisement
Terpopuler
1
Advertisement
Advertisement