Rabu 18 May 2016 17:27 WIB

Telkomsel Uji Jaringan di Jalur Utama Mudik

Manager Radio Acces Network Quality Telkomsel,Henry Ganda Purba memaparlkan kondisi jaringan di jalur utama mudik saat berlangsung Drives Test.
Manager Radio Acces Network Quality Telkomsel,Henry Ganda Purba memaparlkan kondisi jaringan di jalur utama mudik saat berlangsung Drives Test.

REPUBLIKA.CO.ID,JAKARTA -- Menghadapi Ramadhan dan Idul Fitri 2016 Telkomsel melakukan uji jaringaan (drive test) di jalur utama mudik di pulau Jawa.Uji jaringan antara lain dilakukan pada jalur utama Jakarta Semarang dan Surabaya-Semarang.

VP ICT Regional Jabotabek-Jabar, Yuanita Erawati yang ikut dalam uji jaringan menyatakan bahwa dari hasil uji jaringan yang dilakukan pada ruas Jakarta-Cirebon, tidak dijumpai kendala berarti.

'' Kita sangat siap menghadapi lonjakan trafik komunikasi pada Ramadhan dan Idul Fitri,'' kata Yuanita. Pihaknya telah melakukan penambahan pada seluruh elemen jaringan, utamanya di jalur utama mudik.

Dari uji jaringan terungkap bahwa tingkat keberhasilan koneksi atau panggilan sangat tinggi. Dari serangkaian uji coba panggilan tak ditemukan kegagalan panggilan (drop call).

Sementara untuk akses data kecepatan transfer data rata-raata 6,6 Mbps.  Di sepanjang jalur utama mudik telah tercover layanan 3G. Beberapa titik seperti Cirebon telah tercover 4G LTE. Untuk meningkatkan kecepatan akses 3G di jalur utama mudik Telkomsel tengah mengimplementasikan DC HSDPA.

Kecepatan akses data yang lebih tinggi bisa dinikmati pada area yang telah di cover layanan 4G LTE bisa menikmati kecepatan hingga 70 Mbps. '' Di area yaang tercover 4G LTE kecepatan akses data mencapai 70 Mbps,'' kata VP ICT Regional Jakarta-Jabar, Yuanita Erawati.

Sebagai antisipasi terjadinya konsentrasi massa, utamanya di rest area, gerbang tol atau titik titik lain pihaknya telah menyiapkan mobile BTS atau Combat. Untuk area Jabotabek-Jabar disiapkan 21 Combat.

Advertisement
Berita Lainnya
Advertisement
Terpopuler
1
Advertisement
Advertisement