Rabu 27 Apr 2016 16:19 WIB

Al Azhar Tetapkan 1 Ramadhan Sama dengan Muhammadiyah

Rep: C25/ Red: Achmad Syalaby
Ilustrasi Ramadhan
Foto: Reuters/Dinuka Liyanawatte
Ilustrasi Ramadhan

REPUBLIKA.CO.ID, JAKARTA -- Yayasan Pesantren Islam (YPI) Al Azhar menggelar Majelis Mudzakarah untuk menetapkan awal Ramadhan dan Syawal 1437 Hijriah.

Ketua Umum YPI Al Azhar Suhadi mengatakan YPI Al Azhar telah selesai menggelar Majelis Mudzakarah Penetapan 1 Ramadhan dan Syawal 1437 Hijriah atau 2016 Masehi. Ia menerangkan, YPI Al Azhar telah menetapkan 1 Ramadhan 1437 Hijriah jatuh pada Senin 6 Juni 2016, serta 1 Syawal 1437 Hijriyah pada Rabu 6 Juli 2016 atau sama dengan PP Muhammadiyah.

"Kami menetapkan awal Ramadhan jatuh pada hari Senin bertepatan dengan tanggal 6 Juni 2016, awal Syawal jatuh pada hari Rabu bertepatan dengan tanggal 6 Juni 2016," kata Suhadi, Rabu (27/4). (Baca: Muhammadiyah Tetapkan Awal Puasa 6 Juni).

Ia menjelaskan, keputusan itu diambil setelah Dewan Syariah YPI Al Azhar selesai menggelar Majelis Mudzakarah, yang mendatangkan sejumlah narasumber ahli. Salah satu narasumber ahli yang didatangkan dalam Majelis Mudzakarah adalah Kepala Lembaga Penerbangan dan Antariksa Nasional (LAPAN) Thomas Djamaluddin.

Selain Thomas Djamaluddin, Al Azhar turut mendatangkan narasumber ahli dari ormas Islam, seperti Pakar Astronomi, Hisab dan Iptek, Majelis Tarjih dan Tajdid PP Muhammadiyah, Susiknan Azhari. Turut dihadirkan pula narasumber ahli yang merupakan Pakar Ilmu Falak IAIN Walisongo, PP Lajnah Falakiyah Pengurus Besar Nahdlatul Ulama (PBNU), Slamet Hambali.

Suhadi menambahkan penetapan itu diambil, usai rapat tertutup pengurus, pengawas dan dewan syariah YPI Al Azhar, serta Pengurus Takmir Masjid Agung Al Azhar, tepat setelah Majelis Mudzakarah. Meski tidak menampik kemungkinan perbedaan tetap ada, ia meyakini Ramadhan dan Syawal tahun ini dapat dilaksanakan secara bersama.

"Insya Allah tahun ini tidak ada perbedaan Ramadhan dan Syawal," ujar Suhadi. 

 

Advertisement
Berita Lainnya
Advertisement
Terpopuler
1
Advertisement
Advertisement