Rabu 06 Apr 2016 17:29 WIB

Telkom dan eBay akan Suntik Blanja.com 25 Juta Dolar AS

Blanja.com
Foto: FB blanja.com
Blanja.com

REPUBLIKA.CO.ID,JAKARTA -- Presiden Direktur Telkom Metra Teguh Wahyono mengatakan, melalui anak usahanya, Telkom Metra bersama eBay menyuntik dana 25 juta dolar AS untuk membesarkan perusahaan layanan "e-commerce" hasil kerja sama keduanya, blanja.com, guna menghadapi persaingan semakin ketat.

Menurut Teguh Wahyono di Jakarta, Rabu, dari 25 juta dolar AS tersebut, pihaknya akan menyuntik 60 persennya atau sekitar 15 juta dolar AS, sedangkan eBay 40 persennya atau sekitar 10 juta dolar AS. "Kita suntik tahun ini," ucapnya.

Ia mengatakan suntikan dana tersebut melihat potensi e-commerce di Indonesia yang terus tumbuh dan berkembang serta sistem yang semakin siap. Untuk itu pihaknya perlu mengubah strategi menjadi lebih agresif.

"Kalau kemarin kita 'less agresif' (kurang agresif) karena merasa industri ini belum terlalu siap, sistemnya belum siap. Kita melihat sekarang industri ini sudah mulai tumbuh untuk itu 'spend' (belanja) kita lebih besar," tuturnya.

Meksipun suntikan dana dirasa masih jauh lebih kecil dari para kompetitor besar yang ada seperti Tokopedia dan Lazada, namun ia menilai blanja.com memiliki keunggulan dibandingkan dengan perusahaan e-commerce lainnya.

Blanja.com secara perusahaan terafiliasi dalam perusahaan telekomunikasi yang juga memiliki operator selular Telkomsel. Hal ini menurut dia, dapat dimanfaatkan sebagai saluran distribusi langsung ke pengguna.

"Kalau Telkom sudah punya Telkomsel, 150 juta (pelanggan) mestinya lebih mudah, kalau yang lainkan semuanya harus B to B (antarperusahaan), kalau Telkom punya distribusi 'chanel' harusnya lebih mudah dan lebih hemat," ujarnya.

Ia menambahkan, keberadaan blanja.com adalah untuk menguatkan posisi Telkom.

sumber : antara
Advertisement
Berita Lainnya
Advertisement
Terpopuler
1
Advertisement
Advertisement