Selasa 05 Apr 2016 17:07 WIB

Aplikasi Bagi Penyandang Autis

Rep: MGROL55/ Red: Winda Destiana Putri
Aplikasi Bagi Penyandang Autis
Foto: News
Aplikasi Bagi Penyandang Autis

REPUBLIKA.CO.ID, Kemampuan berinteraksi dengan teknologi orang normal dengan penyandang autis jelas sangat jauh berbeda, ada beberapa cara ekstra dan cara khusus untuk membantu kelompok tersebut menggunakan teknologi.

Orang autisme mulai menggunakan aplikasi sebagai alat melayani kebutuhan mereka agar terampil berkomunikasi. Dilansir laman Mashable, Selasa (5/4) berikut aplikasi yang dibutuhkan bagi penyandang autis:

Children With Autism: A Visual Schedule

Aplikasi berdasarkan gambar ini memungkinkan pengguna untuk melacak kegiatan yang dijadwalkan. Aplikasi ini  membantu pengguna mengantisipasi dan merencanakan perubahan dalam rutinitas sehari-hari mereka. Ini juga memiliki kemampuan menyediakan petunjuk langkah demi langkah untuk kegiatan sehari-hari demi memberdayakan pengguna agar lebih bebas. Aplikasi ini tersedia untuk iOS dengan harga 12,99 dolar AS atau sekitar Rp 182 ribu.

Choiceworks

Choiceworks membantu pengguna mengelola rutinitas sehari-hari mereka melalui jadwal yang mengkategorikan tugas secara berurutan. Aplikasi ini juga membantu mereka menunjukkan tugas mana yang telah selesai dan yang masih harus dilakukan. Choiceworks ini sangat berguna dalam situasi ketika pengguna harus menunggu sesuatu, memberi mereka pilihan untuk mengisi waktu dengan melakukan kegiatan bermanfaat. Tersedia untuk iOS dengan harga 6.99 dolar AS atau sekitar Rp 98 ribu.

Miracle Modus

Miracle Modus merupakan aplikasi yang dapat membantu pengguna memecahkan masalah dengan menggunakan suara, lampu dan warna secara bersamaan. Aplikasi ini bisa membuat pengguna menemukan ketenangan saat berada di situasi sulit. Aplikasi ini tersedia gratis di iOS dan Android.

FlummoxVision

FlummoxVision adalah tanyangan live-action komedi yang berisi sekelompok ilmuwan yang bekerja untuk memahami suatu hal. Melalui aplikasi ini, anak-anak dapat menonton episode dan berinteraksi dengan karakter melalui "Diskusi Mode". Tujuannya untuk membantu dan mendukung pengembangan keterampilan sosial dan emosional mereka. Aplikasi initersedia gratis di iOS, tapi untuk per episodenya dikenakan biaya sebesar 1,99 dolar AS atau sekitar Rp. 28 ribu.

 

Advertisement
Berita Lainnya
Advertisement
Terpopuler
Advertisement
Advertisement