Selasa 05 Apr 2016 11:38 WIB

Gadis Ini Jadi Lulusan Terbaik Univeritas Al Azhar Indonesia

Rina Sabrina, lulusan terbaik UAI wisuda ke XIV.
Foto: UAI
Rina Sabrina, lulusan terbaik UAI wisuda ke XIV.

REPUBLIKA.CO.ID, JAKARTA -- Akhir bulan lalu, Universitas Al Azhar Indonesia (UAI) baru saja melaksanakan Wisuda XIV program Sarjana. Adalah Rina Sabrina, mahasiswa Ilmu Hubungan Internasional, Angkatan 2011, Fakultas Ilmu Sosial dan Ilmu Politik terpilih sebagai menjadi wisudawan terbaik dan berprestasi se-Universitas.

Dibesarkan dari keluarga bijak dan moderat yang menjujung tinggi nilai agama, Rina mendapat dukungan dari keluarga besarnya. Ia pun sangat termotivasi dengan nasihat kakaknya yang menekankan bahwa menjadi wanita harus berpendidikan. "Penampilan fisik bukan sebuah jaminan, karena akan ada masa dimana kecantikan setiap wanita akan pudar, namun dengan pendidikan, seorang wanita dapat menjadi terhormat," kata dia.

Rina berhasil menyelesaikan studinya selama empat tahun dengan memperoleh IPK 3,86 sehingga berhak lulus dengan predikat cumlaude. Anak bungsu dari tiga bersaudara ini tidak hanya meraih prestasi akademik, banyak prestasi non akademik lainya yang juga ia raih seperti mengikuti Simulasi Sidang PBB (Model United Nations) di tingkat nasional hingga internasional dan menjadi Perwakilan untuk mengikuti Youth Cultural Exchange dan Science Camp.

Selain itu, Rina menjadi Delegasi Terbaik sebanyak 5 kali dalam MUN yang diselenggarakan oleh President University, Kedutaan Besar Amerika Serikat di Jakarta dan Asosiasi Mahasiswa/i Indonesia untuk Studi Internasional. Rina Sabrina juga pernah menjadi perwakilan untuk Nanyang Technology University MUN di Singapura dan Harvard World UN Melbourne. Dia juga terpilih sebagai Partisipan untuk ASEAN Science Camp di Bangkok dan Indonesia Philippines Youth Cultural Exchange Program di Manila.

Di akhir tahun 2012, bersama beberapa kawan HI yang lain, mengikuti kegiatan Studi Banding ke Malaysia. Setelah lulus beberapa pekan, ia pun diundang menjadi Juri Tamu untuk Wawasan Ilmu Pengetahuan Umum oleh Kota Administrasi Jakarta Barat dalam acara Pemilihan Abang None Buku tahun 2015, selain itu juga berkesempatan menjadi Dewan Pimpinan Kompetisi MUN oleh Universitas Prof. Dr. Moestopo Beragama.

Advertisement
Berita Lainnya
Advertisement
Terpopuler
1
Advertisement
Advertisement