Senin 04 Apr 2016 15:10 WIB

Koneksi Internet di Indonesia Sudah Alami Percepatan

Kabel yang menghubungkan jaringan internet seluruh dunia.
Foto: Business insider
Kabel yang menghubungkan jaringan internet seluruh dunia.

REPUBLIKA.CO.ID, JAKARTA -- Hal yang masih menjadi persoalan industri online adalah jaringan internet di Indonesia yang lamban. Atau, bila cuaca tidak baik, otomatis jaringan seluruh provider mengalami gangguan meski tidak lama.

Dibandingkan dengan negara di Asia seperti Jepang, Singapura, atau Korea Selatan, kecepatan jaringan internet di Indonesia masih kalah jauh. Tetapi belum lama ini dalam sebuah laporan State of The Internet, untuk kuartal IV 2015 dari penyedia content delivery network Akamai, Indonesia telah mengalami percepatan koneksi jaringan internet.

Laporan tersebut mencatat Indonesia mengalami percepatan koneksi jaringan internet hingga 109 persen. Hal tersebut merupakan kenaikan yang cukup signifikan dan menjadi yang tertinggi di kawasan Asia Pasifik.

Disusul oleh Vietnam yang mengalami percepatan koneksi jaringan internet sebesar 43 persen dan di posisi ketiga ada India sebesar 36 persen.

Meski sudah mengalami perkembangan koneksi yang lebih baik, kecepatan jaringan di Indonesia masih berada di bawah standar global sebesar 5,6 Mbps.

Melansir situs Akamai, Senin (4/4) pertumbuhan tersebut sejak Indonesia menerapkan jaringan internet kecepatan tinggi 4G LTE di 2014 akhir.

Namun kecepatan tersebut masih belum merata di Indonesia. Setidaknya, menurut data Akamai, baru 0,5 persen pengguna internet di Indonesia yang hanya bisa menikmati kecepatan koneski di atas 15 Mbps.

Advertisement
Berita Lainnya
Advertisement
Terpopuler
1
Advertisement
Advertisement