Senin 04 Apr 2016 14:31 WIB

Selesaikan Misi Paling Ambisius, Scott Kelly Resmi Pensiun dari NASA

Astronot AS, Scott Kelly pensiun setelah memecahkan rekor misi luar angkasa terlama
Foto: CNBC
Astronot AS, Scott Kelly pensiun setelah memecahkan rekor misi luar angkasa terlama

REPUBLIKA.CO.ID, TEXAS -- Astronaut Scott Kelly akhirnya pensiun setelah 20 tahun mengabdi di Badan Antariksa AS (NASA). Kelly mulai pensiun per 1 April. Kelly pensiun setelah memecahkan rekor 522 hari di ruang angkasa. Astronaut berusia 52 tahun ini mengumumkan rencana pensiunnya pada Maret lalu, sekembalinya Kelly dari Stasiun Luar Angkasa Internasional (ISS).

Karier Kelly selama 20 tahun ditandai dengan berbagai capaian. Dia bersama kosmonit Mikhail Kornienko pada 27 Maret 2015 menjalankan misi terakhor di luar angkasa sebelum akhirnya Kelly pensiun.

Setelah kembali dari ISS pada 1 Maret lalu, Kelly dan Kornienko menyelesaikan misi paling ambisius dari eksplorasi luar angkasa. Selama satu tahun di luar angkasa, hampir 400 eksperimen berhasil diselesaikan demi misi NASA di masa yang akan datang.

Suka Duka Scott Kelly Setahun di Luar Angkasa

Bersama Kornienko, Kelly mempelajari berbagai studi mengenai dampak ruang angkasa terhadap tubuh manusia, termasuk dampak radiasi dan stres yang dihadapi astronaut selama menjalani perjalanan luar angkasa.

"Apa yang kita lakukan ini sangat berat dan kita bisa mendapatkan banyak hal," kata Kelly, akhir Maret lalu, dilansir dari Techtimes.

Kelly kini telah pensiun. Namun dia masih melakukan seragkaian tes untuk pemeriksaan kesehatan guna mengetahui dampak terhadap tubuhnya selama satu tahun berada di ruang angksa. Kondisi kesehatannya dibandingkan dengan kembarannya Mark Kelly, yang dalam waktu yang sama berada di Bumi. Mark juga mantan astronaut NASA.

Advertisement
Berita Lainnya
Advertisement
Terpopuler
1
Advertisement
Advertisement