Rabu 30 Mar 2016 11:38 WIB

XL Jual 2.500 Menara BTS ke Protelindo

BTS 4G LTE XL
BTS 4G LTE XL

REPUBLIKA.CO.ID,JAKARTA -- PT XL Axiata menjual 2.500 menara telekomunikasi kepada PT Profesional Telekomunikasi Indonesia (Protelindo). Dari penjualan menara itu,XL mendapatkan dana segar Rp 3,568 triliun.

Bersamaan dengan penandatanganan Perjanjian Pembelian Aset, XL dan Protelindo juga menandatangani Perjanjian Induk Sewa Menara dimana XL telah setuju untuk menyewa kembali 2.432 menara dari Protelindo untuk jangka waktu 10 tahun. XL juga mendapatkan persyaratan sewa yang kompetitif sebagai penyewa utama yang memberikan manfaat bagi XL berupa penghematan atas belanja modal dan biaya operasional perusahaan.

Presiden Direktur XL, Dian Siswarini, menyatakan penjualan 2.500 menara ini kepada Protelindo merupakan kelanjutan strategi penggunaan aset perusahaan dan memberikan XL tambahan fleksibilitas untuk memaksimalkan posisi kompetitif XL guna mendukung strategi 3R. XL akan menggunakan dana hasil penjualan untuk mengoptimalkan neraca keuangan.

''XL memiliki hubungan baik dengan Protelindo dan sangat menghargai kesempatan untuk bermitra dengan Protelindo secara jangka panjang. Transaksi ini juga menunjukkan kekuatan dan disiplin XL dalam melakukan transaksi strategis dan merupakan salah satu dari beberapa transaksi penting yang berhasil dilakukan dalam kurun waktu dua tahun terakhir,'' kata Dian.

Merrill Lynch (Singapore) Pte.Ltd (BofA Merrill Lynch) bertindak sebagai penasihat keuangan eksklusif untuk XL, sementara Macquarie Capital bertindak sebagai penasihat keuangan  eksklusif untuk Protelindo atas transaksi ini.

XL saat ini melayani lebih dari 41,9 juta pelanggan di seluruh Indonesia. Sebagai salah satu pelopor dalam perkembangan industri telekomunikasi selular Indonesia, XL telah menjadi pemimpin dalam menyediakan dan memberikan pengalaman terbaik menggunakan mobile internet yang lebih mudah dengan tariff yang lebih terjangkau bagi seluruh rakyat Indonesia.

Advertisement
Berita Lainnya
Advertisement
Terpopuler
1
Advertisement
Advertisement