Senin 21 Mar 2016 16:54 WIB

Indonesia dan Australia Luncurkan Game Online Pendidikan

Rep: C36/ Red: Winda Destiana Putri
Sejumlah anak bermain game online di sebuah warnet. (ilustrasi)
Foto: Antara/Puji Kurniasari
Sejumlah anak bermain game online di sebuah warnet. (ilustrasi)

REPUBLIKA.CO.ID, JAKARTA -- Kementerian Pendidikan dan Kebudayaan (Kemendikbud) dan kedutaan besat Australia meluncurkan game online pendidikan, Senin (21/3).

Game bernama 'Next Door Land' ini nantinya dapat dimainkan secara mandiri oleh anak-anak Indonesia yang ingin belajar sejarah dan informasi mengenai Indonesia dan Australia.

Menurut Menteri Pendidikan dan Kebudayaan (Mendikbud), Anies Baswedan, game Next Door Land adalah media bermain secara virtual mengenai Indonesia dan Australia. Game ini dirancang sebagai permainan petualangan untuk mengenal informasi sejarah, olahraga, arsitektur dan mitologi negara Indonesia dan Australia.

"Game ini memberi jalan positif bagi generasi muda Indonesia dan Australia yang ingin mencari tahu informasi negara tetangga masing-masing dengan cara menyenangkan. Permainan ini akan membantu pemahaman budaya antar kedua negara, " ujar Anies ketika peluncuran game di SD Negeri 2 Menteng, Jakarta, Senin.

Menurut dia, ke depannya masyarakat Indonesia dapat mengunduh game secara langsung dan dapat memainkannya secara mandiri di rumah. Game online ini dapat digunakan dengan software  Android, iOS dan windows melalui tablet, laptop maupun komputer. Next Door Land dapat diunduh gratis di laman Rumah Belajar www.belajar.kemdikbud.go.id. Selain itu, game dapat diunduh melalui akun iTunes dan Android Departemen Luar Negeri dan Perdagangan Australia (DFAT).

Peluncuran Next Door Land dihadiri Menteri Luar Negeri Ausrralia, Hon Julie Bishop, Duta Besar Australia untuk Indonesia Paul Grigson dan sejumlah pejabat Kemendikbud lainnya.

Advertisement
Berita Lainnya
Advertisement
Terpopuler
1
Advertisement
Advertisement