Sabtu 19 Mar 2016 09:50 WIB

Smartfren Perkenalkan Video Call Berbasis Jaringan 4G LTE

Rep: Dyah Ratna Meta Novia/ Red: Dwi Murdaningsih
LTE 4G
LTE 4G

REPUBLIKA.CO.ID, JAKARTA -- PT Smartfren Telecom Tbk (Smartfren) merupakan operator pertama di Indonesia yang memperkenalkan teknologi VoLTE, yaitu layanan phone atau video call berbasis data yang mengandalkan teknologi LTE dari jaringan 4G LTE.

Head of Network Special Project Smartfren Munir Syahda Prabowo mengatakan, layanan VoLTE milik Smartfren yang telah dinikmati sejak Februari lalu didukung oleh jaringan 4G LTE Advanced terluas yang menjangkau 85 kota di Indonesia. "Teknologi VoLTE memberikan pengalaman baru dalam berkomunikasi kepada para pengguna karena menggunakan jalur khusus (dedicated bearer) dan didukung oleh QoS (Quality of Services) yang tinggi, sehingga mampu menghadirkan sambungan telepon yang lebih cepat dengan suara berkualitas HD (high definition) yang lebih jernih," katanya, Sabtu, (19/3).

Jalur khusus ini, ujar dia, berfungsi untuk memisahkan traffic VoLTE dengan penggunaan data lainnya yang memungkinkan pengguna untuk melakukan panggilan telepon dan mengakses data secara bersamaan. Sementara itu, QoS menjadikan VoLTE sebagai prioritas sehingga suara maupun video yang dihasilkan berkualitas tinggi dan tidak mengalami gangguan yang berarti seperti yang sering dialami pada saat menelepon dengan menggunakan VoIP (Voice over Internet Protocol).

Batas output sebesar 50 Hz – 7.000 Mhz juga menambah kejernihan suara yang dihasilkan. Tidak hanya itu saja, VoLTE juga didukung dengan sistem yang dapat mengurangi suara berisik pada latar belakang (reduce background noise).

Sementara itu, terang Munir, call setup (proses pengguna melakukan panggilan hingga terhubung ke lawan bicara) sangat cepat. Berdasarkan komparasi, rata-rata call setup melalui VoLTE hanya membutuhkan waktu sekitar 2-3 detik dibandingkan dengan melakukan panggilan suara secara konvensional yang membutuhkan setidaknya 8 detik.

Layanan VoLTE milik Smartfren mengikuti tarif voice atau panggilan telepon biasa  sehingga pengguna dapat melakukan video call tanpa perlu mengkhawatirkan kuota data. Harga tarif VoLTE akan tetap ekonomis meskipun VoLTE menggunakan teknologi tinggi yang menjamin kejernihan kualitas suara dan video.

Saat ini, Smartfren telah menyediakan paket berupa panggilan VoLTE gratis hingga 1.000 menit ke sesama pengguna Smartfren (on net) yang dapat digunakan baik untuk panggilan suara maupun video. Semua fitur ini dapat langsung dimanfaatkan tanpa harus mengunduh aplikasi tambahan. Dengan semua keunggulan yang dihadirkan oleh VoLTE, pihaknya bangga menjadi operator pertama di Indonesia yang menyediakan layanan ini kepada para pelanggannya.

Advertisement
Berita Lainnya
Advertisement
Terpopuler
1
Advertisement
Advertisement