Sabtu 19 Mar 2016 09:07 WIB

Meteor Paling Terang Baru Saja Melintasi Langit Inggris

Hujan meteor geminid
Foto: astronomy.com
Hujan meteor geminid

REPUBLIKA.CO.ID, Langit Inggris baru saja dihujani meteor paling terang. Hujan meteor digambarkan sebagai flash biru dan hijau di angot. Meteor ini melintasi langit INggris pada Kamis dini hari dan berhasil terekam di UK Meteor Observation Network (UKMON).

Meteor ini dijuliki St Patrick's Day Meteor, yang ditangkap pada jam 3.16 pagi waktu setempat pada 17 Maret. UKMON mengatakan meteor yang melintas ini memiliki skala kecerahan -7 yang dalam skala ekonomi artinya kecerahannya terletak di antara bulan purnama dan bulan sabit.

Menurut Organisasi Meteor Internasional (IMO), hanya ada 1 diantara 1.200 meteor yang diamati memiliki skala lebih terang dibandingkan -5. Sebagai gambaran, matahari memiliki tingkat kecerahan -26. Para ahli mengatakan warna hijau yang mucul dari meteor berasal dari adanya magnesium yang terkandung dalam meteor.

Co-founder UKMON Rochard Kacerek mengatakan meteor ini adalah salah satu yang paling ebsar yang ditangkap oleh UKMON. UKMON didirikan pada tahun 2012 menggunakan CCTV untuk melacak aktivitas langit.

 

baca juga: Astronom Temukan Eksoplanet dengan Orbit Paling Unik

Advertisement
Berita Lainnya
Advertisement
Terpopuler
Advertisement
Advertisement