Kamis 03 Mar 2016 16:20 WIB

T-Drive Sukes Telkomsel Mencoba Peruntungan dengan T-Bike

Peluncuran layanan T-Bike di Jakarta, Kamis (3/3)
Peluncuran layanan T-Bike di Jakarta, Kamis (3/3)

REPUBLIKA.CO.ID,JAKARTA -- Sukses meluncurkan layanan mobile tracker T-Drive, Telkomsel merambah sepeda motor, T-Bike.

Vice President M2M Business Telkomsel, Jaka Susanta menyebut T-Bike merupakan kelanjutan dari roadmap layanan T-Drive yang telah terlebih dahulu diperkenalkan Telkomsel untuk moda transportasi kendaraan roda empat.

T-Drive memiliki fitur utama untuk menganalisa kinerja mengemudi, real time engine data, memberikan peringatan dan mengedukasi cara berkendara yang baik. T-Drive beroperasi dengan menggunakan Telkomsel Driving Analytics berupa OBD (On Board Diagnostic Device) GPS Tracking yang dapat dengan mudah di instalasi pada kendaraan.

Didukung oleh sistem GPS yang canggih, T-Bike mampu mendukung operasional dan pengelolaan armada secara real time (tracking & fleet management), efisien, pelaporan detail perjalanan, pembatasan wilayah operasional (geofencing) dan pembatasan kecepatan (speed limit).

T-Bike sebagai asisten pengendara cerdas dengan fitur lengkap seperti memonitor dan memandu lokasi, kecepatan dan area berkendara  sepeda motor, serta mengendalikan akses mesin sepeda motor dari aplikasi di ponsel cerdas berbasis Android dan iOS. ''Tahap awal baru Android, akhir bulan diharapkan bisa diterapkan di iOS,'' kata Jaka kemudian.

Jaka menyatakan Telkomsel masih terus melakukan pengembangan  untuk T-Bike sehingga kedepannya aplikasi ini dapat memberikan kegunaan lebih kepada pengendara seperti grup komunitas, touring, analisa penggunaan bahan bakar, informasi navigasi motor, serta analisa kinerja kendaraan.

Tahap awal pihaknya masih membatasi pemasaran ke kalangan korporat, baru kemudian ke kalangan ritel. '' Produk ini baru dipasarkan di Jabodetabek dulu, baru diperluas ke wilayah yang lain,'' katanya kemudian.

Kalangan korporat yang berminat dengan aplikasi ini, antara lain armada layanan pesan antar bagi  KFC, Berrybenka, Wingstop, Carl’s Jr., Bakmi GM, Domino Pizza, Hoka-Hoka Bento, McDonald’s serta beberapa partner reseller sepeda motor seperti RTX dan Bintang Motor.

Advertisement
Berita Lainnya
Advertisement
Terpopuler
Advertisement
Advertisement