Rabu 02 Mar 2016 18:08 WIB

Setahun di Luar Angkasa, Astronaut NASA Selamat Sampai ke Bumi

Astronot Scott Kelly
Foto: EPA
Astronot Scott Kelly

REPUBLIKA.CO.ID, Astronaut Badan Antariksa AS Scott Kelly kosmonot Rusia Mikhail Kornienko sampai di Bumi dengan selamat. Mereka telah menghabiskan waktu 340 hari di luar angkasa. Mereka telah tiba di Kazakstan, Selasa malam waktu setempat.

Kelly dan rekannya telah menyelesaikan misi selama satu tahun di Stasiun Antariksa Internasional (ISS). Kelly memecahkan rekor sebagai astronaut yang menghabiskan waktu paling lama di luar angkasa. Kelly mengorbit 5000 kali dan telah melakukan perjalanan lebih dari 100 juta mil.

Hanya segelintir orang bisa mendapatkan kesempatan mengalami perjalanan yang membahagiakan ini. Dokter akan melakukan tes pada Kelly dan Kornienko segera setelah mereka mendarat. Khusus untuk Kelly, dokter akan melakukan uji efek ruang angkasa dengan membandingkan kondisi kesehatannya saudara kembarnya yang menghabiskan waktu satu tahun di bumi.

Meskipun Kelly telah mencetak rekor perjalanan luar angkasa terlama, Kelly masih ingin menghabiskan waktu lebih lama lagi untuk tinggal di luar angkasa. "Pergi ke Mars dan mengajak orang-orang untuk hidup lebih lama di luar angkasa itu jelas bisa dilakukan," kata dia.

Advertisement
Berita Lainnya
Advertisement
Terpopuler
1
Advertisement
Advertisement