Senin 29 Feb 2016 16:11 WIB

Robot Baru Google Lebih Humanis

Rep: mgROL55/ Red: Dwi Murdaningsih
Google
Google

REPUBLIKA.CO.ID, Google telah memperbarui robot terkenalnya dengan merancang tampilan dan kinerja seperti manusia. Robot ini diberi nama Atlas, robot humanoid yang diciptakan perusahaan Boston Dynamics.

Dilansir dari laman CNN, robot ini dapat bekerja seperti membuka pintu, berjalan diatas salju dengan keseimbangan normal, mengambil barang dan meletakkanya di rak serta mengambil barang yang sudah jatuh dilantai akan ia ambil dan ditaruh ketempatnya.

Versi baru dari robot Atlas lebih kecil dan lebih gesit dari pendahulunya. Atlas memiliki tinggi 5 kaki dan 9-inci, berat 180 pon. Ukuran ini sekitar 7 inci lebih pendek dan 120 pound lebih ringan dibandingkan versi pertama. Robot ini bisa digerakkan dengan mobile sedangkan versi sebelumnya harus ditambatkan ke komputer.

Atlas diciptakan untuk melakukan pertolangan bencana di tempat-tempat yang tidak aman bagi manusia, seperti pembangkit listrik tenaga nuklir yang rusak.

Robot ini mulai dibuat pada 2013 selama kompetisi yang diselenggarakan oleh Defense Advanced Research Projects Agency. Versi baru dari Atlas adalah hasil dari tujuh tim peneliti komputer dari seluruh dunia yang dikontrak untuk mengembangkan perangkat lunak untuk memberikan Atlas otak yang lebih baik.

Atlas juga bekerja menggunakan sensor tertanam dalam tubuh dan kaki untuk menjaga keseimbangan.  Laser di kepala membantu Atlas mengatasi  rintangan, navigasi. Robot ini dapat melakukan manuver saat berada di lingkungan yang kompleks,  naik tangga dan menghindari puing-puing.

 

 

baca juga: Ini Alasan Kenapa Lampu Kabin Dimatikan Saat Pesawat Mendarat

 

Advertisement
Berita Lainnya
Advertisement
Terpopuler
1
Advertisement
Advertisement