Senin 29 Feb 2016 09:17 WIB

Ini Alasan Kenapa Lampu Kabin Dimatikan Saat Pesawat Mendarat

Rep: Melisa Riska Putri/ Red: Dwi Murdaningsih
Jet lag, sering terjadi pada seseorang usai melakukan penerbangan yang cukup jauh
Foto: theguardian.com
Jet lag, sering terjadi pada seseorang usai melakukan penerbangan yang cukup jauh

REPUBLIKA.CO.ID, Seorang pilot mengungkapkan alasan mengapa lampu pesawat redup saat pendaratan. Sebab, hal itu penting untuk keselamatan penerbangan. Membuat kabin lebih gelap sebelum mendarat adalah ukuran keamanan penting yang berpotensi menyelamatkan nayawa penumpang. Pilot Chris Cooke yang bekerja untuk sebuah maskapai penerbangan domestik mengatakan, berada di sebuah ruangan yang terbiasa terang akan menyulitkan penyelamatan diri.

"Akan jauh lebih sulit bagi mata wisatawan untuk menyesuaikan diri dengan kegelapan jika situasi darurat pecah," katanya dilansir dari News.com.au.

Peredupan lampu kabin sebelum menarat secara halus mempersiapkan penumpang untuk menemukan jalan ke pintu darurat, terutama ketika lorong diterangi. Ada juga alasan kesehatan dan keselamatan di balik meminta penumpang untuk membuka tirai jendela sebelum mendarat. Hal tesebut memungkinan penerangan alami ke pesawat. Jika lampu kabin terputus selama krisis, lebih mudah bagi penumpang melihat jalan menuju pintu darurat.

 

baca juga: Galaxy S7/Edge Ditarget Lampaui Rekor Penjualan 3 Bulan Pertama

Advertisement
Berita Lainnya
Advertisement
Terpopuler
1
Advertisement
Advertisement