Selasa 16 Feb 2016 08:48 WIB

Intel dan NBA Lahirkan Revolusi Tayangan 3D

Ilustrasi pertandingan basket NBA.
Foto: EPA/Steven C Mitchell
Ilustrasi pertandingan basket NBA.

REPUBLIKA.CO.ID, JAKARTA -- Akhir pekan lalu, ajang kompetisi basket Amerika Serikat memasuki era baru. Era yang sebelumnya tak pernah disaksikan, dimana segala sesuatu di dunia olahraga akan menjadi digital dan terukur. Bahkan Intel menyebut perubahan ini yang terbesar dalam olahraga sepanjang 100 tahun terakhir.

Intel Corporation bersama National Basketball Association (NBA) menjalin kemitraan dalam ajang NBA All-Star 2016 dengan menghadirkan tayangan tiga dimensi untuk para penonton televisi dan media digital sehingga mereka bisa menonton dengan lebih menakjubkan ketika para pemain top NBA bertanding di Toronto, Kanada, 12 sampai 14 Februari 2016.

CEO Intel Corporation Brian Krzanich, berdasarkan rilis yang diterima Republika.co.id, menyebut yang terjdi di ajang NBA adalah digitalisasi olahraga. Ketika digitalisasi digunakan dalam dunia olahraga, ucap dia, benar-benar merupakan sebuah perubahan besar.

Hal ini berarti bahwa segala sesuatu yang kita lakukan dalam olahraga dapat ditangkap sebagai bagian dari data. Sebuah data yang belum pernah kita dapatkan sebelumnya. "Detail terkecil dari sebuah pertandingan, dari sudut siku seorang atlet pada lemparan bebas sampai ke sudut vertikal ketika terjadi slam dunk, kini dapat diukur dan disiarkan secara real time," kata dia.

NBA dan stasiun televisi Turner Sports akan memanfaatkan terobosan video format freeD sehingga memungkinkan penggemar untuk menyaksikan tayangan ulang dan cuplikan dengan pandangan 360 derajat dari seluruh sudut. Tayangan ulang video akan memungkinkan penonton serasa terbang melihat aksi-aksi pemain dari hampir setiap sudut yang memungkinkan, memberikan pemandangan yang tak tertandingi ke dalam pertandingan.

Platform video format freeD menyatukan video yang diambil oleh 28 kamera ultrahigh-definition yang diposisikan di sekitar arena ke dalam satu tayangan yang mulus hampir tanpa cela. Tayangan ulang freeD akan tersedia untuk penggemar yang menonton langsung baik di saluran TNT maupun media digital seperti di NBA.com, Aplikasi NBA dan media sosial.

"Inovasi teknologi sekarang memainkan peranan yang belum pernah terjadi sebelumnya dalam mengubah pengalaman orang di dunia olahraga, mulai dari atlet dan pelatih, sampai ke bidang penyiaran dan para penggemar. Dengan menawarkan pandangan yang berganti-ganti dari hampir semua sudut, format video freeD yang dioptimalkan dengan teknologi Intel memungkinkan orang untuk menikmati ajang NBA All-Star yang belum pernah terjadi sebelumnya," jelas Brian.

Dia menjelaskan bahwa segala sesuatu yang kita ketahui dan alami di dunia olahraga akan berubah. Sebagai contoh yang pertama adalah dalam ajang X Games Aspen yang berlangsung di Colorado, Amerika Serikat pada 28 – 31 Januari 2016 lalu.

Intel menempatkan perangkat keping kecil pada papan seluncur salju untuk lomba Big Air dan Ski Slopestyle kelompok pria. Segala sesuatu tentang lomba ini diukur, mulai dari ketinggian, rotasi, kecepatan dan bahkan kekuatan pendaratan dari masing-masing atlet. Semua data ini disajikan secara real time untuk para penggemar yang melihat langsung di arena dan para pemirsa televisi di rumah.

Advertisement
Berita Lainnya
Advertisement
Terpopuler
1
Advertisement
Advertisement