Rabu 10 Feb 2016 18:04 WIB

Cara Kuda Membaca Ekspresi Wajah Manusia

Rep: Rr Laeny Sulistyawati/ Red: Dwi Murdaningsih
Radar, kuda paling besar di dunia
Foto: storyeo.com
Radar, kuda paling besar di dunia

REPUBLIKA.CO.ID, Menurut penelitian Universitas Sussex di Inggris, kuda dapat membaca ekspresi wajah manusia. Untuk pertama kalinya ditemukan bahwa kuda mampu membedakan antara wajah marah dan senang. Psikolog di Universitas Sussex mempelajari bagaimana 28 kuda bereaksi terhadap foto-foto ekspresi wajah manusia yang positif dan negatif.

Kuda-kuda ini ditunjukkan gambar wajah laki-laki asing dengan ekspresi senang dan marah, tanpa pelatihan yang diberikan kepada hewan berekor ini terlebih dahulu. Ketika melihat wajah marah, kuda-kuda tersebut melihatnya dengan lebih menggunakan mata kiri. Perilaku tersebut biasanya dikaitkan dengan mengamati negatif.

"Denyut jantung mereka juga mengalami percepatan dan mereka menunjukkan tanda-tanda lain yang terkait yaitu lebih stres,’’ ungkap studi yang diterbitkan dalam Biology Letters.

Penelitian ini menyimpulkan bahwa kuda memiliki pemahaman fungsional wajah marah yang mereka lihat. Amy Smith, seorang mahasiswa doktor yang ikut memimpin penelitian tersebut mengatakan, kuda memiliki reaksi lebih kuat untuk ekspresi negatif dibandingkan yang positif.

"Ini mungkin karena sangat penting bagi hewan untuk mengenali ancaman di lingkungan mereka. Dalam konteks ini, mengenali wajah marah dapat sebagai sistem peringatan yang memungkinkan kuda untuk mengantisipasi perilaku manusia negatif, seperti penanganan yang kasar," ujarnya.

Penelitian telah menunjukkan bahwa banyak spesies, termasuk anjing, yang melihat kejadian negatif dengan mata kiri karena spesialisasi belahan otak kanan untuk memproses tanda-tanda negatif. Menurutnya, apa yang benar-benar menarik tentang penelitian ini adalah bahwa hal itu menunjukkan bahwa kuda memiliki kemampuan untuk membaca emosi.

"Kita tahu sejak lama bahwa kuda adalah spesies yang piawai secara sosial. Tetapi ini adalah pertama kalinya kami telah melihat bahwa kuda dapat membedakan antara ekspresi wajah manusia yang positif dan negatif," katanya.

Profesor Karen McComb, penulis penelitian ini mengatakan, kuda mungkin telah mengadaptasi suatu kemampuan sejak nenek moyang untuk membaca isyarat emosional pada kuda lainnya yang menanggapi ekspresi manusia.

 

baca juga: Teleskop Ini Bantu Temukan Ratusan Galaksi Tersembunyi

Advertisement
Berita Lainnya
Advertisement
Terpopuler
1
Advertisement
Advertisement