Senin 08 Feb 2016 13:08 WIB

Kabel Baru USB Tipe C Memudahkan Pengisian Daya

Rep: MgROL55/ Red: Dwi Murdaningsih
USB tipe C
Foto: CNN
USB tipe C

REPUBLIKA.CO.ID, Dunia gadget secara perlahan mengadopsi standar kabel listrik baru yang disebut USB Type-C. Tampilannya kecil, serbaguna, universal, reversibel dan mungkin dapat dipakai dengan gadget apa pun yang Anda sambungkan.

Keuntungan dari kabel standar baru adalah bahwa USB-C tidak dimiliki salah satu perusahaan. Itu berarti siapa pun dapat membuat alat ini yang dapat dijual ke konsumen dengan harga murah. Kabel listrik yang murah bukanlah hal yang baru.

Anda bisa mendapatkan tali yang memenuhi standar lama micro-USB untuk smartphone dengan harga yang cukup terjangkau. Dilansir dari laman CNN, kabel USB-C baru mampu memasok listrik dengan cara yang lebih cepat untuk gadget dibandingkan micro-USB.

Teknisi Benson Leung, dalam ulasannya di halaman Amazon menulis jika Anda mengisi smartphone Anda dengan mencolokkan kabel USB-C ke dalam laptop Anda, kabel yang rusak bisa menguras daya jauh lebih cepat dari daya yang bisa dipasok. Membeli kabel lebih mahal umumnya merupakan ide yang baik. Namun kabel mahal tidak selalu berarti bahwa gadget Anda akan aman.

Kabar baiknya, saat ini USB Implementers Forum sedang menelurkan segel persetujuan untuk USB tipe C yang aman. Apple saat ini belum mengadopsi USB tipe C standar untuk iPhone, namun Apple sudah menerapkan lightning port untuk teknologi pengisian daya yang selangkah lebih maju dibandingkan pengisian pada umumnya.

Advertisement
Berita Lainnya
Advertisement
Terpopuler
1
Advertisement
Advertisement