Jumat 05 Feb 2016 11:42 WIB

Duh, Peretas Bobol 20 Juta Akun Situs Jual Beli Online

Rep: MgROL55/ Red: Dwi Murdaningsih
Hacker (Ilustrasi)
Foto: Agung Supriyanto/Republika
Hacker (Ilustrasi)

REPUBLIKA.CO.ID, Baru-baru ini, ada laporan mengenai salah satu perusahaan web terbesar di Cina mengalami serangan retasan yang besar pada tahun lalu. Peretas berhasil mendapatkan akses ke 20,59 juta akun pengguna di Taobao.

Serangan terbesar di Cina terjadi pada Oktober tahun lalu. Dilansir dari laman Mashable, peretas berhasil memperoleh 99 juta database username dan password untuk Taobao. Mereka kemudian mulai memasang nama dan password ke situs, dan menemukan 20.590.000 akun pengguna aktif dengan password yang cocok.

Taobao adalah pemilik terbesar dunia perusahaan e-commerce Alibaba. Perusahaan ini dibajak dengan serangan dan para peretas memblokir upaya user untuk log-in. Taobao termasuk situs ke 12 yang paling populer di dunia dan menempati urutan ketiga di Cina. Situs ini memiliki sekitar 265 juta pengguna terdaftar dan setara Cina eBay.

Publikasi Cina The Paper menjelaskan bahwa peretas tertarik untuk mendapatkan log-in untuk menjual rekening untuk scammers. Rekening penipuan dapat digunakan untuk perintah palsu di situs untuk menaikkan peringkat penjual.

Polisi di Cina dilaporkan mengadakan konferensi pers awal pekan ini memerinci serangan, yang mengakibatkan 25 tersangka yang ditangkap dalam kaitannya dengan kasus ini.

Polisi mengatakan, Alibaba juga menderita serangan besar tahun lalu pada business-to-business platform trading-nya, Alibaba.com. Peretas mampu menguasai akun penjual terkemuka, yang mengakibatkan mereka menipu diperkirakan 1.700 klien di luar negeri memperoleh 1 juta dolar AS  dalam penjualan.

 

baca juga: One Plus X Promo Casing Rosewod Gratis

 

Advertisement
Berita Lainnya
Advertisement
Terpopuler
Advertisement
Advertisement