Selasa 26 Jan 2016 19:15 WIB

Orang Iseng Buat Link 'Gangguan' Bikin iPhone Jadi Lemot

Rep: c21/ Red: Dwi Murdaningsih
iPhone 6S Plus
iPhone 6S Plus

REPUBLIKA.CO.ID, Sebuah link yang diedarkan di akun twitter mendatangkan 'malapetaka' untuk pengguna iPhone. Sebuah situs bernama www.crashsafari.com yang dibuat oleh orang iseng membuat browser Safari menjadi lamban.

Link telah diposting dengan URL pendek untuk mencoba mengelabui orang-orang. Jika pengguna meng-klik situs ini, browser Safari akan melepaskan ribuan karakter yang membebani memori dan membuat smartphone menjadi panas. Kemudian menutupi bagian bawah layar.

Halaman itu meliputi judul header dan sepotong kecil JavaScript. Laman Wire mengkonfirmasi orang iseng pembuat situs tersebut adalah Matthew Bryant (22). Dia bekerja di bidang keamanan aplikasi.

“Dalam waktu luang, aku sering menguji seberapa browser akan menangani kode aneh yang akan dilemparkan kepada mereka,” kata Bryant.

Dia penasaran dengan sebuah bug dan membuat situs sebagai lelucon. Link diedarkan di Twitter dan dia berharap para pengikutnya akan meng-kliknya. Twitter telah mengirimkan pengumuman peringatan pengguna tentang peretas, namun situs ini tidak memberikan ancaman serius.

“Jaringan media sosial berharap ini akan menghentikan lelucon ini, tetapi link ini dapat dikirim melalui pesan pribadi, jadi berhati-hatilah,” dilaporkan TechCrunch.

Mac, Windows dan Android juga bermasalah jika mereka mengklik pada link tersebut. Meskipun sistem tidak benar-benar menutup, browser pengguna akan menjadi lamban. Jika layar Iphone mengalami blank akibat link ini, Anda cukup merebootnya.

Advertisement
Berita Lainnya
Advertisement
Terpopuler
1
Advertisement
Advertisement