Selasa 26 Jan 2016 12:08 WIB

90 Tahun Lalu, TV Mekanik Pertama Kali Muncul

Google doodle 90 tahun siaran TV mekanik
Foto: The Telegraph
Google doodle 90 tahun siaran TV mekanik

REPUBLIKA.CO.ID, Ada peristiwa penting terjadi pada 90 tahun lalu. Saat itu, pertama kali layar televisi bisa hidup. Untuk mengenang peristiwa tersebut, Google hari ini, Selasa (16/1) menandainya dengan Google Doodle lucu.

Dilansir dari The Telegraph, siaran televisi hari itu tahun 1926 jauh dari resolusi tinggi seperti yang bisa kita saksikan sekarang. Pada hari itu, merupakan demonstrasi publik pertama dari gambar yang bisa bergerak di televisi. Di layar menunjukan wajah Daisy Elizabeth Gandy yang merupakan mitra bisis dari John Legoe Baird, penemu asal Skotlandia yang merupakan pelopor televisi mekanik.

Alat yang dipresentasikan oleh Baird dikenal sebagai televisor. Cara kerjanya seperti radio dengan mekanisme berputar yang bisa menghasilkan video serta suara. Penemuan ini jauh dibandingkan dengan televisi modern yang menggunakan pemindai elektronik.

Pada 2024, Baird berhasil mengirimkan gambar berkedip di jarak 10 kaki. Setelah demonstrasi di 2026, dia mengembangkan TV warna dan mulai diproduksi massal pada 1929. Dari tahun 1929 hingga 1937, BBC menggunakan perusahaan Baird untuk siaran teleisi mekanik. Namun, TV mekanik dikalahkan oleh TV elektronik pada tahun 1930-an.

Advertisement
Berita Lainnya
Advertisement
Terpopuler
1
Advertisement
Advertisement