Ahad 24 Jan 2016 17:19 WIB

Kerah Ini Bantu Anda Berkomunikasi dengan Hewan Peliharaan

Rep: Dian Fath Risalah/ Red: Dwi Murdaningsih
alat sensor kebahagiaan pada hewan peliharaan.
Foto: Reuters/Youtube
alat sensor kebahagiaan pada hewan peliharaan.

REPUBLIKA.CO.ID, TOKYO - Apakah anjing dan kucing anda bahagia? Biasanya, anjing akan mengibaskan ekornya bila sedang bahagia, kucing bahkan akan melakukan hal yang lebih ajaib bila sedang bahagia.

Dilansir dari Reuters, dalam sebuah pameran di Tokyo, Jepang beberapa waktu lalu sebuah kerah keluaran Hi-tech bisa menunjukan perasaan dari anjing atau kucing peliharaan Anda dengan pendekatan ilmiah.

Dilengkapi dengan dua sensor yang mendeteksi kecepatan, gerak dan rotasi tubuh dari hewan peliharaan, perangkat mengirim pengukuran untuk aplikasi ponsel. Data ini kemudian diterjemahkan ke dalam empat hasil yakni gembira atau bahagia, santai, ingin bermain dan kesal.

"Mesin ini menampilkan emosi hewan dengan menerjemahkan getaran dari pergerakan ekor, teriak mereka, dan gemetar tubuh mereka ke dalam alat ukur untuk bagaimana mereka merasa," kata Masayoshi Asahi pengembang alat tersebut.

Wakaba Sakai, salah seorang pemilik anjing mengaku tertarik dengan perangkat tersebut. "Saya tertarik pada perangkat ini karena itu membuat saya merasa seperti saya bisa berkomunikasi dengan hewan peliharaan," ucapnya.

Advertisement
Berita Lainnya
Advertisement
Terpopuler
Advertisement
Advertisement