Ahad 24 Jan 2016 16:19 WIB

Wow, Serbuk Gergaji Bisa Diolah Jadi Bensin

Rep: Dian Fath Risalah/ Red: Dwi Murdaningsih
Kayu olahan (ilustrasi).
Foto: Antara/Kasriadi
Kayu olahan (ilustrasi).

REPUBLIKA.CO.ID, Serbuk gergaji bisa memiliki peran penting dalam mengurangi emisi global. Peneliti dari University of Leuven Belgia mengonversi limbah kayu menjadi senyawa bensin yang ramah lingkungan. Salah seorang peneliti, Sander Van Den Bosch mengatakan, mereka menambahkan serbuk gergaji kayu ke dalam reaktor untuk diolah menjadi bensin. Bagaimana caranya?

Dalam proses, ditambahkan katalis untuk membantu reaksi kimia dalam kayu sehingga selektif mendepolarisasi lignin menjadi bahan lainnya yang bisa digunakan. Diperlukan pula pelarut untuk mengekstrak lignin dari bahan padat.

"Kita juga bisa menggunakan air untuk atau juga turunan berbagai jenis bio alkohol. Dalam 12 jam proses kimia mengubah selulosa dalam serbuk gergaji ke dalam rantai hidrokarbon dan menghilangkan oksigen," ujar Van Den Bosch dilansir dari Reuters.

Proses sederhana ini bisa menghasilkan struktur identik seperti yang terdapat pada minyak mentah. Peneliti lainnya, Wouter Schutyser, mengatakan, hasil hutan saat ini banyak yang digunakan untuk konstruksi dan furnitur.

"Maka kami mencoba untuk mengubahnya, yang digunakan sebagai sumber energi, serbuk gergaji bisa menjadi bahan utama  dalam tawaran pemerintah untuk memenuhi kewajiban menjaga lingkungan," ujarnya. 

 

baca juga:

Hal-Hal Unik Tentang Matematika yang Menarik Diketahui

Alat Ini Ubah Udara Lembap Jadi Air Minum

Advertisement
Berita Lainnya
Advertisement
Terpopuler
1
Advertisement
Advertisement