REPUBLIKA.CO.ID, DENPASAR -- Sebagai bentuk kepedulian terhadap masyarakat, PT Telkomsel mebuka layanan informasi bisnis digital bagi UKM. Layanan yang diberi nama SME Corner, bertugas membantu memberikan informasi, termasuk membimbing UKM berbisnis melalui internet.
"Kami menyiapkan satu konter khusus di Grapari Telkomsel Denpasar untuk memberikan pelayanan itu," kata Corporate Communication Bali Nusra Telkomsel, Teny Ginaya. Selain di Denpasar, SME Corner juga ada di Yogyakarta, Bandung, dan Surabaya.
Kepada Republika Jumat (22/1), Teny menyebutkan, SME Corner Telkomsel Denpasar, telah dioperasikan secara resmi awal pekan ini. Hal itu kata Teny, sebagaimana diharapkan GM Corporate Business Solution Management Telkomsel, Rini Apriliani, dapat memudahkan akses pelaku usaha dalam meningkatkan kinerjanya.
Ada pun layanan yang diberikan dalam SME Corner sebut Teny adalah layanan yang memungkinkan pelanggan berkoordinasi secara efisien dengan free call ke sesama grup melalui solusi MyGroup. Selain itu sebutnya, memberikan solusi digital yang memungkinkan pelanggan UKM berkoordinasi melalui email, chat, berbagi dokumen, dan semua fitur lainnya dengan solusi Business Connect yang didukung oleh Google Apps for Work.
Selain itu kata Teny, ada juga layanan yang memungkinkan UKM untuk membuat toko online-nya sendiri dan memasarkan produknya melalui solusi Jarvis store. Serta layanan digital yang memungkinkan pelanggan melakukan pencatatan transaksi keuangan perusahaan secara terstruktur melalui solusi e-accounting.
"Pelaku UKM akan dibimbing agar bisa melakukan transaksi penjualan dan pembayaran menggunakan kartu kredit atau kartu debit melalui solusi Moka POS," katanya.