Kamis 21 Jan 2016 06:50 WIB

Hal-Hal Unik Tentang Matematika yang Menarik Diketahui

Donat kini terjual ratusan juta buah per tahunnya di AS.
Foto: pexels
Donat kini terjual ratusan juta buah per tahunnya di AS.

REPUBLIKA.CO.ID, JAKARTA -- Matematika merupakan salah satu pelajaran wajib di bangku sekolah. Tentu saja, ada yang menyukainya dan ada pula yang menjadikan matematika sebagai momok. Matematika bukan hanya persoalan hitung menghitung. Para ahli matematika di dunia menemukan berbagai macam hal dengan matematika. Kadang, mereka menggunakan matematika untuk hal-hal unik, termasuk membuat resep kue donat yang enak bahkan memotong irisan pizza yang sempurna.

Berikut ini beberapa keunikan dan kegunaan dari matematika yang bukan hanya sekedar rumus, tapi bisa diaplikasikan dalam kehidupan nyata:

Resep membuat donat

Pada tahun 2014, ahli matematika Dr Eugenia Cheng merumuskan bagaimana membuat donat yang paling enak. Melalui model matematika, Dr Cheng menemukan bahwa donat cincin dengan lubang 0,4 inci (11mm) memiliki hasil terbaik 'squidgy to crispy’. Resep terbaik membuat donat adalah menggunakan rasio 3,5:1 dan 5,8 g gula diperlukan untuk memberikan rasa yang tepat.

"Donat, alias torus, adalah obyek matematika penting, selain juga sebagai makanan yang lezat, "jelas Dr Cheng, seorang dosen senior Matematika Murni di Universitas Sheffield.

Dr Cheng mengenali rasio donat dari tingkat lembut ke renyah. Ia menegaskan semakin besar lubang maka donat akan semakin renyah. Sementara lebih kecil lubang, maka donat akan semakin lembut di dalam. Untuk mendapatkan tingkat paling lezat pada kelembutan kepada kerenyahan, maka donat cincin harus memiliki ukuran lubang rata-rata 0,4-inci (11mm).

Sehingga donat tersebut memiliki rasio 3,5:1. Diameternya harus berada diantara 2,8-inci dan 3,2 inci (72mm dan 82mm).

"Lubang yang relatif kecil ini berarti donat 78 persen lembut dan 22 persen renyah," jelas Dr Cheng.

sumber : arsip republika
Advertisement
Berita Lainnya
Advertisement
Terpopuler
Advertisement
Advertisement