Selasa 19 Jan 2016 11:16 WIB

Kereta Super Cepat Hyperloop Mulai Dibangun

Rep: Rossi Handayani/ Red: Dwi Murdaningsih
Transportasi masa depan, Hyperloop
Foto: voa
Transportasi masa depan, Hyperloop

REPUBLIKA.CO.ID, Alat transportasi masa depan segera lahir. Tiga puluh mil sebelah utara dari Las Vegas, di tengah-tengah padang pasir, masa depan transportasi kecepatan tinggi mulai dibentuk. Disana akan dibangun kereta kapsul Hyperloop.

Menurut CEO Teknologi Hyperloop, Rob Lloyd, ini adalah lokasi tes di mana konsep berasal oleh Tesla Elon Musk menjadi pilihan yang layak untuk transportasi kecepatan tinggi. Konsep ini dikenal sebagai Hyperloop yang akan mengangkut penumpang sejauh 380 mil (610km) dari LA ke San Francisco dalam waktu tempuh 30 menit. Kecepatan tersebut menjadi setengah waktu yang dibutuhkan oleh pesawat.

Tim ini berencana membuat prototipe Hyperloop pada akhir tahun. Nantinya juga akan ada beberapa bukti fisik dari jalur tes yang akan dibangun.

"Ini adalah tahun ketika kita mencapai momen di Kitty Hawk, yang dalam istilah ini kami berarti melakukan demonstrasi teknologi penuh Hyperloop yang bekerja di skalanya, dan sepenuhnya dikerahkan dengan empat inovasi utama yang kita kerjakan," kata Lloyd.

CNN Money baru-baru ini mewawancarai Lloyd dan co-founder Shervin Pishevar. Dalam video yang terbaru, dapat dilihat sekilas dari beberapa tabung yang akan digunakan untuk membangun jalur tes. Menurut Hyperloop Technologies, tujuannya adalah untuk membangun jalur uji sejauh tiga mil yang akan bisa mencapai 700 mph pada akhir tahun ini. Ini disebut dengan 'Propulsion Open Air Test Facility', di mana perusahaan berencana pada pengujian motor listrik pada kecepatan tinggi. Jika proses ini berjalan lancar Hyperloop mulai diperasikan tahun 2021.

 

baca juga:

Ahli Matematika Temukan Rumus untuk Buat Manusia Salju Paling Keren

Mengapa Suara Air Bisa Sebabkan Kantuk?

 

Advertisement
Berita Lainnya
Advertisement
Terpopuler
1
Advertisement
Advertisement