Kamis 14 Jan 2016 17:25 WIB

Ilmuwan Duga Ada Tebing Besar Tersembunyi di Bawah Es Antartika

Cakupan es laut di Antartika mencapai level terluasnya sejak pencatatan dimulai pada September 2014.
Foto: Sandra Zicus/ Australian Antarctic Division

REPUBLIKA.CO.ID, Tebing terbesar di dunia diduga tersembunyi di bawah es Antartika. Para ilmuwan menemukan bukti samar yang menunjukkan adanya tebing tersembunyi di bawah es Antartika tersebut. Tim yang dipimpin oleh Durham University di Inggris menemukan bukti adanya tebing besar yang menutupi Princess Elizabeth Land (PEL), salah satu sektor di Antartika Timur.

Meskipun tidak terlihat dengan mata telanjang, jejak samar lanskap es dapat dideteksi melalui citra satelit. Jika keberadaan jurang ini terverifikasi, maka ini akan menjadi penemuan geologi utama. Lanskap yang ditunjukkan oleh data satelit menunjukkan jurang ini memiliki panjang sekitar 1.100 km dan sedalam 1 km di bawah permukaan laut setempat.

"Analisis kami menunjukkan adanya bukti pertama bahwa jurang yang besar mungkin ada di bawah Princess Elizabeth Land," ujar peneliti Stewart Jamieson, menulis untuk jurnal Geology.

Selain menggunakan citra satelit, peneliti mendeteksi bagian kecil dari tebing ini menggunakan sinyal radio gema yang memantulkan gelombang dari lokasi lanskap di bawah batu es. Ilmuwan lantas melakukan pengukuran lebih lanjut untuk mengonfirmasi apakah hipotesis tersebut benar-benar terbukti dan memiliki implikasi yang besar sebagai salah satu jurang terbesar di dunia.