Kamis 14 Jan 2016 16:49 WIB

Ini 11 Wilayah Indonesia yang Bisa Saksikan Gerhana Matahari Total

Gerhana Matahari Cincin.
Foto: TheAge
Gerhana Matahari Cincin.

REPUBLIKA.CO.ID, JAKARTA -- Gerhana matahari total (GMT) akan bisa disaksikan di Indonesia bulan depan, tepatnya 9 Maret. Sebelas propinsi akan bisa menyaksikan gerhana matahari total. Wilayah jalur khusus yang dilintasi GMT akan memiliki tingkat kegelapan dengan presentase 99 persen.

Sedangkan untuk wilayah yang dapat melihat GMT pada 9 Maret 2016 memiliki tingkat kegelapan sebanyak 56 persen. Kepala Lembaga Penerbangan dan Antariksa Nasional (LAPAN) Thomas Djamaluddin mengatakan 11 propinsi bisa menyaksikan gerhana dengan lebar 100-150 km.

Jalur GMT bermula dari Palembang, (Sumatera Selatan), Bangka, Belitung, Sampit (Kalimantan Tengah), Palangkaraya (Kalimantan Tengah), Balikpapan (Kalimantan Timur), Palu, Poso, Luwuk (Sulawesi Tengah), Ternate dan Halmahera (Maluku Utara).  

GMT akan terjadi pada pagi hari. Di mulai dari Indonesia bagian barat menuju timur. Puncak terjadinya GMT di bagian barat pada pukul 07.20 WIB. Sementara, puncak terjadinya di bagain tengah pada pukul 08.35 WIB dan puncak terjadinya di bagian timur pada pukul 09.50 WIB.

Fenomena GMT terjadi sekitar 1-3 menit, tergantung pada tempat. Semakin ke timur GMT akan terjadi semakin lama. Pada fenomena GMT 2016, Maluku Utara bisa 'menikmati' GMT paling lama.

Seberapa tertarik Kamu untuk membeli mobil listrik?

Advertisement
Berita Lainnya
Advertisement
Terpopuler
1
Advertisement
Advertisement