Rabu 13 Jan 2016 14:05 WIB

Cara Cerdas Menghemat Air Saat Anda Keramas

Hemat air di rumah/ilustrasi
Foto: home-water-works.org
Hemat air di rumah/ilustrasi

REPUBLIKA.CO.ID, Perusahaan Prancis menciptakan terobosan baru untuk menghemat penggunaan air. Perusahaan ini membuat lampu LED yang berbeda untuk setiap debit air yang dikeluarkan melalui shower.

Ditontonkan di acara Consumer Electronic Show (CES) di Las Vegas baru-baru ini, lampu LED Hydrao Smart Shower ini akan berubah warna sesuai volume air yang digunakan. Lampu akan menyala hijau untuk menandai volume 10 liler, warna ungu untuk volume 50 liter.

Jika volume air melampaui  50 liter, lampu akan berkedip merah. Hal ini akan mengganggu orang yang sedang mandi sehingga memaksa mereka menyelesaikan aktivitas mandi tersebut dengan lebih cepat. Saat ini, rata-rata orang Amerika menggunakan 75-80 liter air setiap kali mereka mandi. Kebutuhan air akan meningkat selaras dengan semakin lama mereka berada di kamar mandi.

Sistem ini bekerja dengan aplikasi pendamping yang tersedia untuk iOS dan Android sehingga pengguna bisa melacak penggunaan air dari waktu ke waktu. Seribu orang yang menggunakan shower geneasi pertama ini dilaporkan telah menurunkan konsumsi air hingga 25 persen.

Hebatnya lagi, teknologi ini tidak memerlukan baterai atau listrik untuk menjaga lampu LED. Lampu LED ini bisa menyala dengan sistem turbin yang dijalankan oleh aliran air di shower tersebut.

baca juga:

6 Teknologi yang Membuat Hidup Lebih Mudah dan Cepat

Astronom Temukan 100 Bintang Tercepat yang Bergerak di Bima Sakti

Seberapa tertarik Kamu untuk membeli mobil listrik?

Advertisement
Berita Lainnya
Advertisement
Terpopuler
1
Advertisement
Advertisement