Rabu 13 Jan 2016 13:45 WIB

Astronom Temukan 100 Bintang Tercepat yang Bergerak di Bima Sakti

bintang-bintang
Foto: NASA/Science Alert
bintang-bintang

REPUBLIKA.CO.ID, Astronom menemukan seratus bintang tercepat yang bergerak di galaksi Bima Sakti. Ilmuwan mendeteksi pergerakan bintang tersebut melalui gelombang yang menembus luar angksa yang teramati dari teleskop.

Gelombang yang disebut guncangan busur ini dihasilkan dari 'pelarian' bintang dalam galaksi. Bentuknya seperti busur. Guncangan ini dideteksi dari teleskop milik Badan Antariksa AS (NASA). Peregrakan bintang terdeteksi dari teleskop NASA's Spitzer Space Telescope adn Wide-field Infrared Survey Explorer (WISE) dan teleskop Wyoming Infrared Observatory (WIRO).

"Ini adalah bintang besar yang bergerak di dalam kecepatan supersonik," ujar Chip Kobulnicky, ahli fisika dan astroom di Universitas Wyoming, seperti diberitakan Science Alert.

Bintang ini meluncur di galaksi Bima Sakti dengan kecepatan lebih dari 80 ribu km/jam. Ukuran guncangan busur ini terdeteksi melalui cahaya inframerah, tergantung dari kecepatan dan ukuran bintang. Belum diketahui apakah Matahari juga menciptakan kejutan busur sendiri (catatan: matahari adalah bintang). Penemuan ini bisa menjadi salah satu kunci untuk mempelajari mengenai evolusi bintang.

Bintang-bintang besar seperti Zeta Ophiuchi dapat menghasilkan gelombang listrik yang dramatis. Zeta Ophiuchi terletak di sekitar 366 tahun cahaya dari bumi. Bintang ini 20 kali lebih besar dibandingkan Matahari. Bintang ini juga bergerak lebih cepat dibandingkan Matahari.

baca juga:

Ilmuwan Temukan Klaster Galaksi Terbesar

Pekan Ini, Space X Rencanakan Pendaratan Roket

 

Advertisement
Berita Lainnya
Advertisement
Terpopuler
Advertisement
Advertisement