Senin 28 Dec 2015 09:16 WIB

Pangsa Pasar Turun, Samsung Khawatirkan Penjualan Hardware

Rep: MgROL55/ Red: Dwi Murdaningsih
Samsung
Foto: ap
Samsung

REPUBLIKA.CO.ID, Analis dari TrendForce memprediksi pada akhir tahun ini, Samsung akan menjual 100 juta ponsel lebih banyak dibandingkan pesaing utamanya Apple. Namun begitu, pangsa pasar Samsung diprediksi akan jatuh di bawah 20 persen tahun ini.

Divisi mobile Samsung menyumbang 39 persen dari laba operasi perusahaan selama sembilan bulan pertama tahun ini. Kontribusi tahun ini drop dibandingkan tahun 2013 yang berkontribusi hingga 68 persen terhadap laba operasional.

Tahun ini Samsung menerima kontribusi terkecil dari keuntungan ponsel sejak 2010. Mantan karyawan dan eksekutif yang telah meninggalkan perusahaan mengatakan kepada Reuters perusahaan ternyata lebih khawatir tentang penjualan jangka pendek dari hardware, daripada tentang menjaga pelanggan jangka panjang dengan platform perangkat lunak yang unik seperti Samsung Pay.

Orang yang membantu mengembangkan Samsung Pay,  Dongjin Koh sekarang diganti diganti oleh JK Shin sebagai kepala Samsung Mobile awal bulan ini. Salah satu mantan karyawan Samsung mengatakan bahwa perusahaan menempatkan prioritas rendah pada perangkat lunak, yang dianggap tidak lebih dari alat pemasaran.

"Manajemen  Samsung pada dasarmya tidak mengerti software, mereka ahli di bidang hardware," kata mantan karyawan Samsung.

Advertisement
Berita Lainnya
Advertisement
Terpopuler
1
Advertisement
Advertisement