Sabtu 26 Dec 2015 06:50 WIB

Aplikasi Ini Bisa Membaca Wajah

Rep: MgROL55/ Red: Dwi Murdaningsih
intraface, aplikasi pembaca wajah
Foto: Human Sensing Lab/ Daily Mail
intraface, aplikasi pembaca wajah

REPUBLIKA.CO.ID, Perkembangan aplikasi semakin canggih. Kini ada aplikasi yang bisa mengetahui perasaan penggunanya. IntraFace, aplikasi ini bisa mendeteksi apa yang Anda lakukan hanya dengan melihat Anda. Aplikasi ini juga bisa mencocokan wajah seperti facebook auto-tag foto sama seperti yang dilakukan oleh FBI. Wow!

Aplikasi IntraFace ini dikembangkan oleh tim peneliti di Carnegie Mellon University. IntraFace dapat menangkap emosi yang ada pada diri kita.  Perangkat lunak analisis citra canggih wajah ini dibuat di Human Sensing Laboratory di  Carnegie Mellon.

"Sekarang saatnya untuk mengembangkan aplikasi baru untuk teknologi ini," ujar peneliti utama Fernando De la Torre, profesor asosiasi penelitian di departemen robotika Carnegie Mellon, kepada The Washington Post.

De la Torre dan rekannya menghabiskan satu dekade mengembangkan aplikasi IntraFace. Program semacam ini dapat berguna dalam pengaturan medis atau klinis, membantu untuk memantau kondisi termasuk depresi atau kecemasan berdasarkan ekspresi wajah pasien.

 

Di Duke University, peneliti medis menggunakan perangkat lunak sebagai bagian dari proses penyaringan autis canggih.  The Washington Post menulis bahwa program bahkan dapat digunakan dalam pengaturan keamanan nasional, membantu untuk mengenali wajah teroris di tengah orang banyak.

Aplikasi ini juga dapat membantu anda saat kencan, memanfaatkan teknologi untuk membantu membaca ekspresi wajah pasangan anda.

Seberapa tertarik Kamu untuk membeli mobil listrik?

Advertisement
Berita Lainnya
Advertisement
Terpopuler
1
Advertisement
Advertisement