Kamis 24 Dec 2015 02:52 WIB

NASA Uji Coba Tanam Kentang di Mars

Rep: c36/ Red: Dwi Murdaningsih
uji coba penanaman kentang dengan situasi di Mars
Foto: CIP
uji coba penanaman kentang dengan situasi di Mars

REPUBLIKA.CO.ID, Anda pernah menonton film The Martian dan menyaksikan gambaran menanam tanaman di Mars? Budidaya tanaman di luar bumi mungkin bukan menjadi hal mustahil pada beberapa tahun mendatang. Saat ini, para ilmuwan sedang  mempersiapkan budidaya kentang dalam kondisi media tanah layaknya planet Mars.

Dilansir dari sciencealert, Kamis (24/12), budidaya kentang sedang dikembangkan ilmuwan NASA bekerja sama dengan para ahli dari International Centre Potato (CIP). Pengembangan tersebut bertujuan menguji kemampuan kentang tumbuh di permukan Planet Mars.

Selain itu, dalam jangka panjang para ahli ingin mempelajari metode budidaya kentang di medium yang tidak ramah terhadap tanaman. "Budidaya kentang dalam kondisi ekstrim perlu dikembangkan agar kita dapat menyelamatkan kehidupan di bumi," ujar Joel Rank dari CIP.

Selokan Panjang di Mars Terbentuk dari Es, Bukan Air

Selama budidaya, para ahli mensimulasikan medium semirip mungkin dengan kondisi Planet Mars. Medium yang digunakan adalah tanah dari gurun Peru dan atmosfer buatan yang kaya zat karbondioksida. Atmosfer di Mars mengandung 95 persen karbondioksida.

Adanya karbondioksida benar-benar akan membantu kentang tumbuh lebih cepat. Jika pengembangan budidaya kentang ini berhasil, para ahli berharap dapat menyediakan pasokan bahan makanan untuk mengatasi kelaparan global.

Saat ini, ada 842 juta penduduk dunia yang terkena dampak kelaparan. Jumlah penderita kelaparan meningkat akibat meningkatnya pemanasan global dan kemiskinan.

Advertisement
Berita Lainnya
Advertisement
Terpopuler
1
Advertisement
Advertisement