Selasa 22 Dec 2015 17:59 WIB

LG Bakal Kenalkan Penyedot Debu dengan Kendali Robot

penyedot debu LG
Foto: LG
penyedot debu LG

REPUBLIKA.CO.ID, SEOUL --  Gelaran Consumer Electronics Show 2016 bakal menjadi ajang unjuk inovasi produk utama. Produsen elektronik asal Korea Selatan LG telah mengkonfirmasi akan membawa serta hasil inovasi penyedot debu (vacuum cleaner) di ajang tersebut.

Satu yang layak menjadi perhatian yaitu LG Hom-Bot Turbo+. Kehadirannya bakal menjadi perangkat penyedot debu pertama yang dilengkapi dengan teknologi augmented reality. “Kecerdasan yang ditanam di dalamnya mewakili gaya hidup cerdas yang sekaligus memberi kenyamanan penggunanya,” ujar Jo Seong-jin, Presiden dan CEO LG Electronics Home Appliance & Air Solution.

   

Tampilan fisik LG HOM-BOT Turbo+  sama seperti penyedot debu modern yang mulai banyak diperkenalkan beberapa pabrikan. Berbentuk seperti segi empat, perangkat semacam ini bergerak ala robot nirkabel yang dapat diperintah untuk pekerjaan membersihkan lantai dengan gerak otomatis sesuai alur yang diprogramkan sebelumnya.

Salah satu yang membuat LG HOM-BOT Turbo+ berbeda dibandingkan dengan penyedot debu modern yaitu pemanfaatan teknologi augmented reality membuat pengguna dapat mengeluarkan instruksi bagi robot pembersih lantai ini untuk melakukan pembersihan khusus pada daerah tertentu.

Yang pertama harus dilakukan adalah pengambilan gambar bagian lantai ruang yang perlu pembersihan khusus dengan memanfaatkan kamera smartphone. Setelahnya, cukup sentuh gambar pada bagian ruang yang ingin dibersihkan. Sentuhan ini akan menjadi perintah bagi LG HOM-BOT Turbo+ untuk pergi ke lokasi dimaksud dan melakukan pembersihan.

Ketepatan LG HOM-BOT Turbo+ ini bisa dilakukan sebab adanya sensor kamera khusus Triple Eye™. Fitur ini membuat sensor kamera pada LG HOM-BOT Turbo+ melakukan perekaman area sekitar, termasuk bagian atap rumah, untuk mengenali tiap area. Adanya kamera di bagian depan perangkat ini membuka dua fitur pintar lainnya yaitu Home-view dan Home-guard.

Fitur Home-view dapat mentransmisi data secara real-time kepada smartphone pemiliknya. Hal ini membuat pemilik dapat memberi perintah LG HOM-BOT Turbo+ untuk melakukan pembersihan ruang kapan saja dan dimana saja. Sementara fitur Home-guard memberikan keamanan ekstra bagi pemiliknya saat meninggalkan rumah. Pasalnya, kamera LG HOM-BOT Turbo+ bakal melakukan pengambilan gambar dan langsung mengirimkannya ke smartphone pemilik ketika perangkat ini merasakan ada pergerakan di depannya.

Advertisement
Berita Lainnya
Advertisement
Terpopuler
1
Advertisement
Advertisement