Ahad 20 Dec 2015 12:21 WIB

6 Tips Aman Browsing dengan Wifi Gratis

Rep: Nora Azizah/ Red: Dwi Murdaningsih
Pelayanan yang diberikan pemerintah Rusia cukup unik, pemasangan wifi gratis direncanakan dilakukan di kuburan-kuburan Rusia.
Foto:
Wifi gratis di Bandara

Membatasi Kebutuhan

Ada baiknya membatasi penggunaan wifi publik gratis. Kemudian jangan pernah menggunakannya untuk melakukan transaksi perbankan atau layanan penting lainnya. Sebaiknya gunakan saja koneksi mobile data pada ponsel.

Hanya HTTPS

Beberapa situs HTTPS mampu mengenkripsi apapun yang terkirim atau diterima perangkat dari sebuah website. Misalnya, Google, Wikipedia, dan Facebook dapat melakukan hal tersebut. Namun tentunya tidak semua situs bisa melakukan demikian. Ada baiknya mengaktifkan pengaturan untuk HTTPS ini pada perangkat yang dimiliki.

Kasper‎sky menyarankan untuk menggunakan plugin khusus. Terutama bila pengguna sering bepergian. Gunakan selalu HTTPS Everywhere dari Electronic Frontier Foundation (EFF). Penggunaannya akan menyediakan koneksi aman, terutama ketika membuka Yahoo, Ebay, Amazon, dan situs lainnya.

Mempertimbangkan VPN

Pengguna sebaiknya mempertimbangkan penggunaan jaringan Virtual Private Network (VPN). Metode ini sangat baik untuk melindungi data. Layanan VPN akan mengenkripsi semua data yang user kirim. Pada umumnya koneksi VPN mengharuskan pengguna untuk membayar, namun bisa pula mencari versi gratisnya. Coba saja gunakan ProXPN, Cyber Ghost, Your Freedom, dan Hotspot Shield. Koneksi tersebut menyediakan paket standar gratis namun memiliki batasan kecepatan. VPN juga memiliki keuntungan lain, yakni menyediakan layanan akses pada beberapa sumber yang disensor, baik di dalam dan luar negeri.

Mengunduh Sistem Security

Mengunduh sistem security, seperti anti virus atau sejenisnya menjadi cara paling mudah dan dapat diandalkan. Misalnya, Kaspersky Internet Security yang akan memperingatkan user kerika terhubung dengan jaringan yang tidak aman. Hal ini juga dapat mencegah kebocoran kata sandi.

Advertisement
Berita Lainnya
Advertisement
Terpopuler
1
Advertisement
Advertisement