Kamis 17 Dec 2015 14:14 WIB

Fosil Dinasaurus Mirip Unta Berusia 125 Juta Tahun Ditemukan

Rep: MgROL55/ Red: Dwi Murdaningsih
fosil dinosaurus yang memiliki punuk seperti unta
Foto: Daily Mail
fosil dinosaurus yang memiliki punuk seperti unta

REPUBLIKA.CO.ID,MADRID -- Ahli Paleontologis menemukan kerangka parsial fosil dinosaurus berusia 125 juta tahun. Fosil ini  memiliki punggung besar seperti unta. Punuk yang besar ini diduga digunakan menyimpan cadangan makanan, sama hal nya seperti unta. Fosil yang diberi nama Morelladon Beltrani ini ditemukan di sebuah tambang dekat Morella di Spanyol.

Dinosaurus herbivora ini memiliki lebar badan sekitar 20 kaki (6 meter) dan tinggi badan dan 8 kaki tinggi (2,5 meter) yang diduga mirip dengan Iguanodon. Tidak seperti kebanyakan hewan berkaki dua lainnya, Morelladon memiliki serangkaian tulang di sepanjang punggung yang tampaknya telah membentuk punuk 2 setinggi 2 kaki (60cm).

Ilmuwan Temukan Fosil Dinosaurus 180 Juta Tahun di Cina

Para peneliti mengatakan dinasaurus ini memiliki beragam kelompok di daerah Eropa ketika masih hidup sekitar 125 juta tahun yang lalu. Fernando Escaso, ahli biologi evolusi di the National University of Distance Education di Madrid, Spanyol mengatakan dinosaurus dari jenis Morella ini mirip dengan situs Eropa kontemporer lainnya.

"Dinasaurus ini memiliki empat belas gigi, enam tulang, beberapa tulang di punggungnya," ujar dia, seperti diberitakan Daily Mail.

Ilmuwan Klaim Temukan Makam Sultan Suleiman

Peneliti yakin tulang di punggunya ini bisa digunakan sebagai cara untuk membantu hewan mengatur suhu dengan mengisinya dengan pembuluh darah, seperti telinga gajah yang digunakan untuk mengatur suhu tubuh. Tulang ini juga dapat digunakan untuk penyimpanan lemak ketika pasokan makanan menipis. Punggung berpunuk ini diperkirakan memiliki ketinggian sekitar setengah meter dan bisa membantu dalam pertukaran suhu tubuh dengan melepaskan panas tubuhnya.

Dinasaurus ini diperkirakan hidup 125 juta tahun yang lalu di lingkungan delta dengan iklim basah dan kering bergantian dan dengan variasi suhu mulai 4 hingga 40 derajat. Mereka hidup di habitat yang didominasi oleh pohon pakis sebuah pohon yang mirip pohon cemara. Penemuan ini telah dipublikasikan dalam jurnal Public Library of Science One.

 

berita sains lainnya:

Rekor! Foto Terkecil di Dunia Ini Hanya Berukuran Sehelai Rambut

Advertisement
Berita Lainnya
Advertisement
Terpopuler
1
Advertisement
Advertisement