Kamis 17 Dec 2015 10:01 WIB

Google Doodle Rayakan 245 Tahun Beethoven

Google Doodle Beethoven
Foto: Mirror/Google
Google Doodle Beethoven

REPUBLIKA.CO.ID, JAKARTA -- Google Doodle hari ini, Kamis (17/12) merayakan hari pembaptisan Beethoven ke 245. Ludwig van Beethoven adalah salah satu komposen paling berpengaruh sepanjang masa. Dia terkenal dengan 'sembilan simfoni' yang digambarkan sebagai pilar kehidupan Barat.

Dilansir dari Mirror, tidak jelas kapan tepatnya Ludwig lahir. Namun 17 Desember menandai ulang tahun ke 245 dari hari baptisnya. Google menganggap hari ini layak dirayakan dengan Doodle khusus. Goodle Doodle hari ni dibuat oleh desainer Leon Hong, seniman Nate Swinehart dan insinyur Jonathan Shneier serta Jordan Thompson. Mereka berkolaborasi membuat animasi, mengdokumentasikan perjalanan hidup Ludwig ke balai simfoni.

Guru musik pertama Ludwig adalah ayahnya, Johann van Beethoven. Dia adalah seorang penyanyi. Legenda mengatakan ayah Ludwig adalah seorang instruktur yang keras. Pada usia kesepuluh, ayah Ludwig memaksa Ludwig keluar dari sekolah dengan harapan bisa mendapatkan uang melalui bakat musik yang dimilikinya.

Akibatnya, tulisan tangan Ludwid konon sangat buruk sehingga para ahli musik masih berjuang untuk mengotentikasi tanda tangannya. Ludwig mulai kehilangan pendengarannya di puncak karier. Dia juga memiiki denyut jantung yang tidak teratur. Hal ini rupanya mengilhami karya-karya dia.

Advertisement
Berita Lainnya
Advertisement
Terpopuler
1
Advertisement
Advertisement