Rabu 16 Dec 2015 16:47 WIB

Rekor! Foto Terkecil di Dunia Ini Hanya Berukuran Sehelai Rambut

foto terkecil di dunia
Foto: Scrona Ltd dan ETH Zurich
foto terkecil di dunia

REPUBLIKA.CO.ID, Sebuah tim peneliti berhasil memotret gambar terkecil di dunia yang pernah dibuat. Foto ini akhirnya masuk dalam Guiness World Record.

Dilansir dari Daily Mail, gambar kecil yang menunjukkan sekelompok ikan badut (clownfish) yang tidak bisa dilihat dnegan mata telanjang. Untuk membuat foto mikroskopis, tim dari Scrona Ltd dan ETH Zurich menggunakan pemancar cahaya nano partikel yang disebut quantum dot. Quantum dot ini melapisi foto tersebut.

Di dalam foto ini, peneliti mencetak quantum dot lapisan merah, hijau, dan biru dengan resolusi 25 ribu DPI. Nano partikel ini memancarkan warna khusus yang bersifat terang. Nano partikel ini bisa direkayasa dengan mengubah ukuran quantum dot.

Isi Baterai Smartphone Hanya 30 Detik dengan 'Quantum Dot'

Peneliti menggunakan teknologi 3D NanoDrip untuk mencetak gambar tiga ikan badut ini. Foto ini, hanya memiliki luas 0,0092 mili meter persegi, yang merupakan luas penampang dari sehelai rambut manusia. Tanpa bantuan mikroskop, foto ini benar-benar tidak terlihat.

Clownfish kecil hanya tumbuh hingga 10 cm. Sekarang, di foto ini, ikan badut seperti dalam film Finding Nemo bahkan tampak semakin kecil. Sebuah mikroskop yang dinamakan mikro Peek menampilkan foto di smartphone yang bisa dilihat dengan 320 kali perbesaran.

Advertisement
Berita Lainnya
Advertisement
Terpopuler
1
Advertisement
Advertisement