Rabu 16 Dec 2015 16:02 WIB

Peneliti Temukan 'Senjata' Utama Melawan Jutaan Sampah Plastik

Cacing kuning atau Tenebrio Molitor diyakini bisa mereduksi sampah plastik menjadi karbon dioksida
Foto: mirror.co.uk
Cacing kuning atau Tenebrio Molitor diyakini bisa mereduksi sampah plastik menjadi karbon dioksida

REPUBLIKA.CO.ID,JAKARTA -- Dunia sedang mengalami masalah besar yang berhubungan dengan sampah, terutama gunungan plastik. Akan tetapi para peneliti ternyata sudah menemukan senjata ampuh untuk mengatasi sampah, yaitu cacing.

Tim peneliti asal Amerika Serikat dan Cina, menemukan larva atau cacing Tenebrio Molitor, yang juga dikenal sebagai cacing kuning bisa menghancurkan plastik. Bahkan cacing bisa menghancurkan bahan tak ramah lingkungan lain yaitu storyfoam.

Penemuan ini menurut mereka bisa jadi senjata penting melawan plastik. Dimana selain tak sedap dipandang, sampah plastik juga berpengaruh buruk pada kesehatan manusia.

Senior research engineer di Departemen Teknik Sipil dan Ramah Lingkungan Universitas Stanford, Wei Min Wu, menyatakan penemuan ini adalah jendela baru bagi masyarakat melawan masalah sampah.

Peneliti menaruh 100 cacing yang berukuran 34-39 miligram ke dalam storyfoam. Hasilnya cacing tersebut berhasil mengubah storyfoam itu menjadi karbon dioksida, dan dalam sehari bisa menghancurkan bahan plastik lainnya. Bahkan yang mengejutkan bahan plastik bagi cacing ini bisa menjadi nutrisi.

Penemuan ini dipublikasikan di dalam jurnal "Environmental Science & Technology".

Advertisement
Berita Lainnya
Advertisement
Terpopuler
1
Advertisement
Advertisement