Rabu 09 Dec 2015 11:53 WIB

Perban Pintar Ini Salurkan Obat Melalui Sensor

Rep: c25/ Red: Dwi Murdaningsih
perban pintar
Foto: MIT/science alert
perban pintar

REPUBLIKA.CO.ID, JAKARTA -- Sebuah tim peneliti MIT mengembangkan perban pintar masa depan. Perban ini terbuat dari polimer berteknologi hidrogel. Fleksibel, bahan lembut dari pembalut ini dapat mengukur atau mengelola obat menggunakan elektronik dan sensor.

Dilansir dari Digital Trends, Rabu (9/12), karena hidrogel secara alami akan merenggang, perban pintar ini tentu sempurna untuk bagian-bagian seperti lutut dan siku, yang biasanya tidak dapat diikuti perban biasa.

Xuanhe Zhao dan tim MIT telah berhasil menanamkan polimer hidrogel dengan kabel konduktif, chip semikonduktor, lampu LED dan sensor suhu.

Tujuh perangkat pintar ini bikin hidup makin mudah

Kombinasi tim paling menjanjikan adalah kemampuan teknologi yang memungkinkan perban untuk mengelola obat ketika terjadi perubahan suhu tubuh pemakai.

Ketika sensor perban itu mendeteksi perubahan yang signifikan, obat dan jalur pengiriman melepaskan obat langsung ke tubuh pemakai. Bahkan, panel lampu LED yang tertanam di hidrogel dapat digunakan untuk melihat tempat obat berjalan lambat.

Hidrogel itu sendiri terbuat dari sebagian besar air, yang dikombinasikan dengan biopolimer yang fleksibel dan menjaga perban untuk tetap fleksibel dan lembut.

Cara pintar mengolah air garam agat lebih bermanfaat

Untuk mempertahankan kelenturan ini hidrogel masih membentuk ikatan yang kuat, dengan permukaan yang beragam seperti kulit manusia, titanium, silikon, kaca dan keramik.

Fleksibilitas hidrogel memungkinkan perban pintar untuk bertahan lebih lama, sambil melindungi integritas dari komponen teknologi perban itu.

Kabel elektronik dan sensor panas yang tertanam dalam balutan, mampu menahan peregangan berulang selama pengujian laboratorium.

Mahasiswa ini ciptakan kursi roda pintar

Advertisement
Berita Lainnya
Advertisement
Terpopuler
1
Advertisement
Advertisement