Rabu 09 Dec 2015 04:55 WIB

Ilmuwan Prancis Ungkap Fakta Baru Seputar Lukisan Monalisa

Monalisa
Foto: .
Monalisa

REPUBLIKA.CO.ID, PARIS -- Seorang ilmuwan Prancis, Pascal Cotte, berhasil menemukan fakta baru seputar lukisan Monalisa. Dari hasil penelitiannya, Cotte menemukan adanya gambar lain di bawah lukisan hasil karya Leonardo Da Vinci tersebut.

Seperti dilansir BBC, Rabu (9/12), potret ini ditemukan dengan menggunakan teknologi cahaya pantulan. Cotte mengatakan ia telah menghabiskan lebih dari 10 tahun menggunakan teknologi ini untuk menganalisis lukisan tersebut.

Dia menyatakan bahwa potret yang digambar sebelum Monalisa itu tersembunyi di bawah permukaan lukisan terkenal itu. Rekonstruksi yang dilakukannya memperlihatkan adanya gambar seorang model duduk agak di pinggir. Cotte juga mengklaim bahwa tekniknya dapat menembus jauh lebih ke dalam lukisan.

Museum Louvre, di Paris, tempat lukisan Monalisa dipajang, menolak memberi komentar dengan menyatakan bahwa "penelitian ini bukan bagian dari tim ilmiah".

Dalam rekonstruksi yang dilakukan Cotte, alih-alih wajah Monalisa yang terkenal sedang menatap ke depan dengan senyum penuh teka-teki, yang ada adalah gambar seorang model tanpa senyum yang sudah memukau begitu banyak pencinta seni selama lebih dari 500 tahun. Penemuan Cotte ini dipandang kontroversial dan sudah memecah belah opini di kalangan para ahli Leonardo da Vinci.

 

Advertisement
Berita Lainnya
Advertisement
Terpopuler
1
Advertisement
Advertisement