Senin 07 Dec 2015 20:07 WIB

5 Peristiwa Paling Diperbincangkan di Jagat Twitter Indonesia

Twitter
Twitter

REPUBLIKA.CO.ID, JAKARTA -- Twitter telah menjadi ensiklopedia atas berbagai momen dan peristiwa penting Indonesia di tahun 2015; mulai dari gerakan sosial, perayaan, berita terhangat, isu nasional, dunia hiburan & olahraga, berita duka serta berbagai hal menarik lainnya. Tahun ini,  Golden Tweet dari Indonesia jatuh kepada Raffi Ahmad (@RaffiAhmadLagi).

Dia mengekspresikan kesedihan atas berpulangnya salah satu aktor dan komedian ternama yang juga merupakan sahabat terdekatnya, Olga Syahputra. Tweet Raffi tersebut meraih hampir 44 ribu Retweet dengan Tweet impression (berapa kali sebuah Tweet dilihat dari desktop maupun aplikasi mobile) mencapai hampir 3 juta.

Twitter mencatat setidaknya ada lima peristiwa penting yang menjadi tweet impession. Bulan Suci Ramadan, tweet yang berkaitan dengan bulan Ramadhan tahun ini mencapai lebih dari 8,4 miliar secara global dan 20 persen di antaranya berasal dari Indonesia.

Kebakaran hutan yang terjadi di Kalimantan dan Riau mendorong pengguna Twitter di Indonesia beramai-ramai menyerukan isu ini agar seluruh dunia mendengar, dan memperoleh hampir dari 2 juta Tweet dalam beberapa bulan terakhir. Beberapa tagar yang banyak digunakan dalam percakapan mengenai isu ini adalah #MelawanAsap, #daruratasap, #PalembangButuhOksigen, #saveKalimantan, #saveRiau, #maribersikap, #melawanapi.

Kompetisi piala presiden yang diadakan oleh Kemenpora, dengan puncak percakapan terjadi saat pertandingan final antara Sriwijaya FC dan Persib Bandung berlangsung. Piala presiden menghasilkan lebih dari 1,3 juta Tweet selama periode berlangsung.

Berpulangnya Olga Syahputra juga menjadi salah satu yang paling menghebohkan di jagad twitter. Masyarakat Indonesia berduka atas berpulangnya aktor dan komedian ternama Olga Syahputra. Kepergiannya memicu percakapan nasional dengan hampir 730,000 Tweet menggunakan tagar #RIPOlgaSyahputra.

Kabar penangkapan Wakil Ketua KPK, Bambang Widjojanto muncul di pagi hari tanggal 23 Januari juga menjadi viral. Tagar #SaveKPK langsung banyak digunakan oleh masyarakat Indonesia untuk menunjukan dukungan bagi KPK. Percakapan mengenai hal ini menghasilkan lebih dari 600.000 tweet serta 9 juta Tweet impression dalam satu hari. Tagar #SaveKPK juga sempat menjadi trending topic dunia peringkat 1 di hari tersebut.

Advertisement
Berita Lainnya
Advertisement
Terpopuler
1
Advertisement
Advertisement