Jumat 04 Dec 2015 14:17 WIB

Lenovo Jajal Pasar di Kota Kelas Menengah

Rep: Umi Nur Fadhilah/ Red: Djibril Muhammad
lenovo
lenovo

REPUBLIKA.CO.ID, PADANG -- Lenovo Indonesia ingin menjajal pasar 14 kota kelas menengah sebagai fokus penjualan produk personal computer (PC). Upaya ini untuk memperluas pasar Lenovo Indonesia yang selama ini masih terfokus di tujuh kota besar.

Marketing Head Lenovo Indonesia, Fransisca Maya, mengatakan saat ini potensi penjualan PC di 14 kota kelas menengah sebesar 324 ribu unit per tahun. Menurutnya, kontribusi kota menengah untuk pasar PC nasional, mencapai 39 persen.

"Potensi kota besar menengah di luar tujuh kota besar di Indonesia cukup besar. Kami memprioritaskan kota-kota tersebut untuk tujuan ekspansi penjualan Lenovo," kata Fransisca saat berada di Kota Padang, Sumatra Barat (Sumbar), Kamis (3/12).

Ia menjelaskan, tingginya potensi pertumbuhan pengguna PC di kota kelas menengah, karena munculnya generasi muda atau yang biasa disebut millennials. Ia menuturkan, millennials merupakan generasi yang akrab dengan teknologi.

Fransisca mengatakan, pasar PC selama ini masih mendominasi tujuh kota besar, yaitu Jakarta, Surabaya, Medan, Bandung, Makassar, Palembang, dan Semarang. Namun, ujar dia, pertumbuhan penjualan juga terjadi di kota kelas menengah.

Ia mengaku optimistis terjadi peningkatan pangsa pasar (market share) di daerah-daerah baru. Kendati, ia menuturkan, saat ini penjualan PC mengalami penurunan sejak beberapa tahun terakhir.

"Targetnya, market share Lenovo bisa 25 persen, jadi yang nomor satu di Indonesia. Sekarang market sharekami baru 19 persen," tutur Fransisca.

Ia mengungkapkan, salah satu strategi Lenovo yaitu, dengan memperbanyak jaringan ritel di kota-kota kecil, meningkatkan inovasi produk, dan mendekatkan diri dengan konsumen usia produktif 18–35 tahun.

Sementara itu, Consumer Lead Lenovo Indonesia, Adrian Lesmono menurutkan, Indonesia merupakan pasar penting bagi brand asal Cina ini. Hal tersebut disebabkan, pertumbuhan pengguna di tiap daerah yang terus meningkat.

"Padang salah satunya, dari data kami per Oktober 2015 market share naik lima poin menjadi 14,2 pesen, dari tahun sebelumnya 10 persen," katanya.

Untuk mendukung hal tersebut, Adrian menjelaskan, Lenovo mengenalkan dua produk, yaitu Lenovo ideapad 100 yang ditujukan bagi konsumen yang menginginkan PC untuk kebutuhan kerja kantor atau di rumah.

Yang kedua, Lenovo Yoga 300 untuk konsumen dengan mobilitas tinggi yang menginginkan kemudahan. "Soal harga, kami jamin sangat kompetitif," ujar Adrian menambahkan.

Advertisement
Berita Lainnya
Advertisement
Terpopuler
1
Advertisement
Advertisement