Senin 30 Nov 2015 13:19 WIB

Mengintip Pembangunan Teleskop Tercanggih di Dunia

Rep: c11/ Red: Dwi Murdaningsih
teleskop JWST
Foto: Daily Mail
teleskop JWST

REPUBLIKA.CO.ID, Teleskop paling canggih di dunia akan segera diluncurkan dalam beberapa tahun mendatang. Saat ini pembuatannya tengah berlangsung dengan meletakkan satu dari 18 cermin yang telah sukses diinstal.

"Instalasi cermin pertama ini melambangkan semua teknologi baru dan khusus yang dikembangkan untuk memungkinkan observatorium untuk mempelajari bintang-bintang pertama dan galaksi," kata astronot Badan Antariksa AS (NASA) dan administrator asosiasi, John Grunsfeld dilansir dari laman Dailymail, Senin (30/11).

Nantinya teleskop yang bernama James Webb Space Telescope (JWST) ini akan dapat melihat kembali ke 200 juta tahun setelah Big Bang. Teleskop ini diharapkan akan 100 kali lebih kuat dari pendahulunya teleskop Hubble.

(baca juga Teleskop Tercanggih di Dunia Dibangun)

NASA menggambarkannya sebagai mesin waktu dengan inframerah yang akan mengintip kembali lebih dari 13,5 miliar tahun untuk melihat bintang-bintang dan galaksi pertama terbentuk dari kegelapan awal alam semesta.

Adapun instalasi sepenuhnya diharapkan akan rampung pada awal tahun depan. Beberapa teknologi yang inovatif juga telah dikembangkan untuk teleskop James Webb.

Melalui kecanggihan fitur teleskop nantinya akan dapat mempelajari setiap tahap dalam sejarah alam semesta, pembentukan sistem tata surya yang mampu mendukung kehidupan di planet seperti bumi dan evolusi tata surya.

Advertisement
Berita Lainnya
Advertisement
Terpopuler
1
Advertisement
Advertisement