Jumat 27 Nov 2015 14:15 WIB

Dijual 5 Dolar AS, Inikah Komputer Termurah di Dunia?

Rep: c04/ Red: Dwi Murdaningsih
Raspberry Pi Zero
Foto: Mashable
Raspberry Pi Zero

REPUBLIKA.CO.ID, LONDON -- Produsen elektronik Raspberry di Inggris mengengembangkan teknologi baru. Perusahaan ini mengemangkan Raspberry Pi Zero, sebuah mini komputer kecil dan praktis seharga 5 dolar. Raspberry pertama kali hadir pada tahun 2012 lalu. Saat itu, produk Raspberry Pi dianggap sebagai sebuah teknologi yang paling revolusioner. Dengan harga 25 dolar membuatnya cukup sempurna sebagai perangkat komputer yang praktis.

Sama seperti generasi sebelumnya, Pi Zero ini tidak memiliki keyboard, layar dan mouse. Meskipun tidak memiliki komponen keyboard, , produk ini menjalankan fungsi layaknya komputer. Komputer mini ini,diisi dengan prosesor 1GHz Broadcom BCM2835, 512MB RAM, slot kartu microSD, slot mini-HDMI dan dua slot micro USB. Pada generasi terbaru ini, fitur sengaja dirancang agar lebih kuat dari generasi sebelumnya. Walaupun ukurannya lebih kecil, yakni hanya sebesar 65mm x 30mm. Sejauh ini, perangkat tersebut juga merupakan yang terkecil dari keluarga Pi.

Seperti yang dilansir Mashable, Jumat (27/) Pi Zero ini juga menjalankan perangkat berbasis Linux Debian OS Raspbian, dan aplikasi pendukung lain seperti Scratch, Minecraft dan Sonic Pi. Yang menarik dari Raspberry Pi Zero ini adalah harganya yang jauh lebih murah. Keluarga Pi Zero mulai dijual sejak hari ini di Inggris, termasuk element14, Pi Hut dan Pimoroni. Pasokan dari produk ini dibuat sangat terbatas.

Advertisement
Berita Lainnya
Advertisement
Terpopuler
1
Advertisement
Advertisement