Selasa 24 Nov 2015 15:33 WIB

Lifi, Teknologi Berkecepatan 100 Kali Wifi Diuji Coba

Internet
Internet

REPUBLIKA.CO.ID, TALLINN -- Ilmuwan mulai menguji coba lifi, sebuah teknologi nirkabel yang mentransmisikan data berkecepatan tinggi menggunakan kekuatan cahaya tampak (visible light communication atau VLC). Teknologi ini akan diuji coba dalam beberapa bulan mendatang. Awal tahun ini, ilmuwan berhasil mencapai kecepatan 224 gigabit per detik di laboratorium.

baca juga Ilmuwan Usulkan Lifi, Pemancar Internet Pengganti Wifi

Potensi kecepatan pengiriman data yang dimiliki lifi ini bisa mengubah segala sesuatu mengenai cara penggunaan internet. Kini, ilmuwan telah menguji coba di kantor-kantor dan kawasan industri di Tallinn, Estonia. Sebagai laporan awal, mereka berhasul mencapai transmisi dara pada 1 GB per detik, atau 100 kali lebih cepat dibaningkan rata-rata kecepatan wifi saat ini.

baca juga Berapa Kebutuhan Data Internet di 2028?

Saat ini, perusahaan sedang merncang soluci pencahayaan yang cerdas untuk lingkungan industri. Mereka menginginkan komunikasi data dilakukan melalui cahaya.  "Kami sedag melakukan proyek percontohan dalam beberapa industri yang berbeda dimana kita bisa memanfaatkan teknologi VLC," ujar Deepak Solanki, CEO perusahaan teknologi Estonia, Velmenni, dilansir dari Science Alert.

baca juga Bola Lampu Bisa Jadi Alat Pemancar Internet?

Advertisement
Berita Lainnya
Advertisement
Terpopuler
Advertisement
Advertisement